Posted by Sub Bagian Hukormas at April 25, 2019 10:17 am Informasi Rumah Sakit

Gunung Merapi ,merupakan salah satu gunung teraktif di Indonesia yang mempunyai lereng teritorial di Kabupaten Sleman, Magelang, Klaten dan Boyolali. Gunung Merapi ini mempunyai karakteristik siklus erupsi 4 tahunan. Saat ini pun Gunung Merapi berada pada Level II atau status Waspada, untuk itu dalam 2 hari Senin – Selasa (22-23/4) melalui BPBD dilaksanakan kegiatan Latihan Gabungan Penangganan Bencana Erupsi Merapi Bidang Kesehatan Bersama BPBD Provinsi Jateng Tahun 2019 bertempat di Selter Pengungsian Merapi Kebon Dalem Lor Prambanan Klaten. Pelatihan gabungan ini diikuti oleh beberapa bidang yang bertugas apabila terjadi Erupsi, yaitu BPBD Kab Klaten, lembaga terkait seperti ORARI, SAR, Satpol PP, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Puskesmas Se Kabupaten Klaten dan 5 Rumah Sakit rujukan termasuk RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro.

Skenario dibuat dalam pelatihan ini dimulai dengan adanya peningkatan aktivitas Merapi, membuat BMKG meningkatkan level Merapi ke Siaga, kemudian BPBD melapor kepada Bupati tentang kondisi terkini, sehingga Bupati berkoordinasi dengan bagian-bagian terkait dan mengeluarkan Surat Keterangan Kondisi Bencana, di bawah BPBD tim terkait dan masyarakat / pemerintah melakukan evakuasi di bantu relawan, SAR, TNI, Polri dan lain-lain baik warga dan ternak menuju ke titik titik Selter pengungsian. Warga yang terkena dampak langsung erupsi berupa luka bakar, patah tulang serta penyakit lainnya dirawat di selter pengungsian sebelum di rujuk ke RS Rujukan termasuk RSST.

Dengan adanya Latihan Gabungan ini diharapkan setiap bagian yang ada dapat siap siaga dan waspada serta tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi peningkatan status.