Posted by Sub Substansi Hukormas at Januari 24, 2022 8:32 am Informasi Rumah Sakit

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dalam Rencana Strategi Bisnisnya berencana mengembangkan Pelayanan Kanker Terpadu sebagai layanan unggulan yang akan mengemas seluruh elemen RS untuk dapat mewujudkan RS yang unggul dalam pelayanan Kanker. Program pengembangan layanan kanker terpadu ini dipilih mengingat peningkatan kasus kanker yang tajam di Indonesia khususnya di Jawa Tengah, dan ketersediaan pelayanan ini masih terbatas. Oleh karena itu, perlu dikembangkan pelayanan kanker paripurna guna memenuhi kebutuhan masyarakat.
Sehubungan dengan hal tersebut RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro pada tahun 2021 telah mengajukan proposal pembangunan gedung kanker terpadu kepada Kementerian Kesehatan untuk diusulkan pembiayaannya melalui mekanisme Pinjaman dan/atau Hibah Luar Negeri (PHLN) IsDB. Menindaklanjuti persiapan penyusunan proposal proyek tersebut, Tim dari IsDB RHI yang didampingi oleh Tim dari Substansi Program & Informasi Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan (PI Yankes) akan melakukan kunjungan lapangan dan technical meeting di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro.
Pada hari Kamis, 20 Januari 2022 RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten mendapatkan kunjungan dari Tim IsDB RHI (Islamic Development Bank – Regional Hub Indonesia). Tim terdiri dari Tim IsDB sebanyak 4 orang dan Tim Substansi Program dan Informasi Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan sebanyak 4 orang disambut langsung oleh jajaran direksi dan pejabat RSST di lobby. Sebelum menuju ke gedung pertemuan lantai 2 yang dijadikan tempat pembahasan, Tim IsDB dan Tim PI Yankes terlebih dahulun melihat lokasi calon didirikannya gedung Onkologi Center.
Acara Kunjungan lapangan dan Technical Meeting dibuka dengan sambutan Direktur utama RSST dr. Endang Widyaswati, M. Kes dilanjutkan sambutan perwakilan dari Dityankes-Kemkes RI.
Selanjutnya sambutan sekaligus paparan project cycle and project appraisal document oleh Deni Ahmad Fauzi selaku Project Management Spesialist Islamic Development Bank dan dilanjutkan paparan masterplan dan kesiapan manajemen RSST, serta pengenalan tim teknis RSST oleh direktur utama RSST dr. Endang Widyaswati, M. Kes. Pertemuan ditutup dengan kegiatan diskusi teknis penyusunan proposal onkologi center.