Posted by Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran at Agustus 11, 2020 3:56 pm Informasi Kesehatan

Tim PKRS – Pekan ASI Sedunia merupakan upaya yang dilakukan WHO dan UNICEF mendukung ibu menyusui di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pekan ASI Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memberikan ASI kepada bayi. Karena ASI mempunyai manfaat istimewa untuk bayi.

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, kekebalan tubuh selalu terjaga. ASI merupakan salah satu intervensi kesehatan yang perlu dipadukan bersama dengan vaksinasi. Ada hubungan yang kuat telah ditemukan untuk mendasarkan hubungan antara kekebalan dan menyusui.

Peran menyusui, pada awal bayi baru lahir sangat penting. Bayi yang mendapatkan kolostrum  lebih mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila bayi lahir prematur peran kolostrum dan menyusui menjadi lebih penting. Hal ini dapat mengurangi risiko kematian akibat infeksi.

Tidak hanya itu, terdapat manfaat lain dari ASI yang dapat dirasakan oleh bayi. Si kecil jauh dari penyakit dalam tumbuh kembangnya. Begitu juga bagi ibu, jarang mengalami penyakit infeksi yang mengganggu aktivitas dalam merawat bayi.

Oleh karena itu, ibu disarankan untuk memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan. Dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI yang lebih bernutrisi. Kemudian di usia satu tahun, si kecil tetap mendapatkan ASI dan makanan padat, dilanjutkan sampai usia dua tahun meskipun anak sudah tambah besar.

Di samping memberikan ASI, orangtua juga harus rajin memberikan si kecil vaksinasi, yang jenisnya sesuai usia. Sebaiknya jangan sampai melewatkan supaya tidak membuat anak rentan sakit saat tumbuh dewasa.

Dalam memperingati hari pekan ASI sedunia, maka Tim PKRS melakukan kegiatan siaran kesehatan radio sentral RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dengan tema ASI Ekslusif yang disampaikan oleh Ibu Djumila Mujiono, AMK.Keb dari Ruang Persalinan. Diharapkan Pasien dan Keluarga Pasien dapat memahami informasi yang telah diberikan.