Tim K3 RS – Apa itu Ergonomi? Ergonomi adalah adalah praktek dalam mendesain peralatan dan rincian pekerjaan sesuai dengan kapasitas pekerja dengan tujuan untuk mencegah cidera pada pekerja.

Mengangkat dan Mengangkut Beban

Dampak yang Ditimbulkan

Over Exertion Lifting and Carrying yaitu kerusakan jaringan, tubuh yang diakibatkan oleh beban angkut yang berlebihan.

HNP (Hernia Nucleus Pulposus) yaitu robeknya bagian dalam dari lempeng menonjol keluar serta mungkin menekan saraf-saraf di sekitarnya akibat beban angkut berlebih dan pembebanan tiba-tiba.

Back Injury yaitu timbulnya nyeri pada punggung, biasanya sikap kerja atau mengangkat yang tidak benar dipengaruhi oleh arah beban yang diangkat.

Bagaimana  cara mengangkat yang benar?

Posisi Badan

Ketika mengangkat dan membawa barang dengan beban maka posisi punggung dalam keadaan lurus (diskus intervertebralis).

Membawa dan mengangkat yang tepat?

Beban diusahakan menekan pada otot tungkai yang kuat dan sebanyak mungkin otot tulang yang lemah dibebaskan dari pembebanan.

Mengangkat barang dengan berjalan (memindahkan barang), maka posisi badan dengan tulang belakang bertumpu pada panggul, punggung agak di miringkan ke belakang, maka perut / atas dada menerima sebagian berat beban, dimana tangan rapat ke badan menyangga benda tersebut.

Memutar barang?

Yang perlu diperhatikan adalah posisi berdiri, dimana benda yang akan dipindah berada di depan kita, arah kaki lurus, sedang arah berputar, posisi kaki 90° tidak boleh lebih.