Klaten – Sahabat sehat pernah mendengar istilah Tedun? Nah, di dunia medis Tedun adalah Hernia yaitu kondisi yang terjadi ketika organ dalam tubuh mencuat keluar melalui jaringan otot atau ikat di sekitarnya yang lemah. Macam-macam  Hernia berdasarkan letaknya adalah di daerah selangkangan, pusar dan kemaluan. Sedangkan Hernia atau Tedun berdasarkan jenisnya yaitu ada yang bisa kembali (Tedun yang dapat kembali saat pasien berbaring dengan posisi kepala lebih rendah dari kaki), dan ada yang tidak bisa kembali atau berbahaya (merupakan tedun yang sulit atau tidak bisa kembali).

Hernia / Tedun paling sering terjadi pada laki-laki, penyebab Hernia antara lain kelainan dari lahir, peningkatan tekanan perut, sering mengangkat barang berat (pekerjaan yang menggunakan otot), mengejan terlalu keras saat BAB, dan kehamilan (pada perempuan).

Tanda dan gejala dari Hernia adalah adanya benjolan yang muncul, nyeri, dan keluhan kesulitan saat BAK.

Apa saja komplikasi dari penyakit Hernia? yaitu jaringan yang keluar akan terjepit sehingga aliran darah ke daerah tersebut akan terhambat sehingga jaringan tersebut akan kekurangan oksigen dan mengalami nekrosis.

Cara penanganan dari penyakit Hernia sendiri antara lain yaitu dengan memposisikan kepala lebih rendah dari kaki, tindakan operasi, ambulasi miring (miring kiri dan kanan), makanan tinggi protein dan sehat, pencegahan infeksi (dengan 6 langkah cuci tangan dengan benar), dan kontrol rutin ke dokter.

Untuk meningkatkan pengetahuan tentang latihan Hernia / Tedun maka dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan di Ruang Tunggu Melati 3 RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, dengan narasumber Tim PKRS dan Mahasiswa Unriyo Yogyakarta. Peserta kegiatan penyuluhan dihadiri oleh seluruh keluarga pasien Ruang Melati 3. Sebagai bentuk evaluasi ada umpan balik dari peserta.

Kegiatan penyuluhan kesehatan secara langsung bersama mahasiswa (pendampingan terhadap mahasiswa) merupakan salah satu program kerja Unit PKRS yang dilaksanakan di dalam rumah sakit.