dr. Adika Mianoki, Sp.S – Apa Itu Carpal Tunnel Syndrome? Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah rasa sakit, kesemutan, dan masalah lain pada tangan akibat tekanan pada saraf median pergelangan tangan Anda.

Beberapa saraf median dan tendon dari lengan ke tangan Anda melewati sebuah ruang kecil di pergelangan tangan, yang disebut dengan carpal tunnel.  Saraf median berfungsi mengendalikan gerakan dan indera perasa pada ibu jari dan tiga jari pertama selain jari kelingking.

Apa Penyebabnya?

Penyebab sindrom ini adalah tekanan pada saraf median karena adanya pembengkakkan atau penyempitan carpal tunnel. Beberapa hal yang dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome antara lain :

  1. Penyakit, misalnya : hipotiroidisme, rheumatoid arthritis, penyakit lupus, dan diabetes.
  2. Pergelangan tangan atau tangan melakukan gerakan yang sama berulang kali, terutama jika pergelangan tangan Anda tertekuk, yaitu keadaan dimana tangan lebih rendah dari pergelangan tangan.
  3. Cedera pada pergelangan tangan.
  4. Merokok, karena dapat mengurangi aliran darah ke saraf median.
  5. Adanya tumor di daerah pergelangan tangan.
  6. Proses penuaan

Apa Saja Gejalanya?

Carpal tunnel syndrome dapat menyebabkan jari atau tangan Anda kesemutan, baal, lemah, atau nyeri. Beberapa orang mungkin mengalami nyeri di bagian lengan. Gejala-gejala ini paling sering terjadi pada ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah jari manis. Jari kelingking tidak mengalami gejala ini karena indera perasa pada jari kelingking menggunakan saraf yang berbeda.

Anda mungkin pertama kali mengalami gejala-gejala di atas pada malam hari dan mungkin dapat diatasi dengan mengerakkan tangan Anda.

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya ?

Untuk mendiagnosis sindrom ini, maka dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik, bertanya mengenai kesehatan dan kegiatan Anda serta mungkin melakukan beberapa tes.

Beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan dokter yaitu : apakah Anda memiliki masalah kesehatan, misalnya radang sendi, hipotiroidisme, atau diabetes atau jika Anda sedang hamil. Dokter juga akan menanyakan apakah Anda mengalami cedera pergelangan tangan, lengan atau leher baru-baru ini, apa rutinitias harian Anda atau apakah ada kegiatan baru yang dapat melukai pergelangan tangan Anda.

Selama pemeriksaan, dokter Anda akan memeriksa bentuk, kekuatan dan apa yang Anda rasakan dari leher, bahu, lengan, pergelangan tangan, dan tangan.

Dokter Anda mungkin juga menyarankan tes berikut, yaitu :

  1. Tes darah untuk memeriksa apakah ada masalah kesehatan lain yang mungkin menyebabkan gejala Anda.
  2. Pengujian saraf untuk mengetahui apakah saraf median bekerja dengan baik. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan fungsi otot dan saraf dengan tes ENMG (Electroneuromyelography).

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Gejala carpal tunnel syndrome ringan biasanya dapat Anda obati sendiri. Semakin dini pengobatan maka kemungkinan untuk menghentikan gejala dan mencegah kerusakan saraf jangka panjang juga semakin tinggi.

Beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan untuk membantu tangan dan pergelangan tangan Anda menjadi lebih baik :

  1. Hentikan kegiatan penyebab baal dan nyeri. Istirahatkan pergelangan tangan Anda di antara setiap kegiatan.
  2. Kompres dingin pergelangan tangan Anda selama 10 sampai 15 menit, sebanyak 1 atau 2 kali dalam periode satu jam. Coba mengonsumsi obat Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAID) untuk meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan.
  3. Gunakan belat pada pergelangan tangan di malam hari untuk menjaga agar pergelangan Anda dalam posisi netral. Hal ini untuk menghilangkan tekanan pada saraf median. Posisi netral pergelangan tangan yaitu ketika tangan lurus atau hanya sedikit ditekuk. Contoh posisi netral yaitu memegang segelas air.

Temui dokter Anda jika gejala-gejala carpal tunnel syndrome tidak membaik setelah 1 sampai 2 minggu perawatan, atau jika gejalanya serius. Obat mungkin diperlukan untuk mengobati carpal tunnel syndrome atau masalah kesehatan lain yang menyebabkan sindrom ini.

Tindakan operasi merupakan pilihan dan biasanya hanya dilakukan ketika gejala sangat serius sehingga Anda tidak bisa bekerja atau beraktifitas.

Dalam operasi, dokter akan memotong ligamen yang terletak di bagian atas carpal tunnel untuk memperbesar ruang sehingga mengurangi tekanan pada saraf. Operasi pembedahan biasanya ditujukan untuk meredakan gejala. Namun dalam beberapa kasus, tindakan operasi ini tidak sepenuhnya menghilangkan baal atau nyeri.

Bagaimana Cara Mencegahnya ?

Cara mencegah kambuhnya carpal tunnel syndrome adalah dengan menjaga kesehatan, seperti :

  1. Menjaga berat badan ideal.
  2. Tidak merokok
  3. Berolahraga agar tetap kuat dan fleksibel.
  4. Jika Anda mempunyai masalah kesehatan jangka panjang, seperti arthritis atau diabetes, maka ikuti saran dokter agar kondisi Anda tetap terkendali.

Kesehatan tangan dan pergelangan tangan Anda juga dapat dijaga dengan :

  1. Menjaga pergelangan tangan dalam posisi netral.
  2. Menggunakan seluruh tangan dan bukan hanya jari Anda ketika memegang benda.
  3. Ketika mengetik : jaga pergelangan tangan lurus dan tangan Anda sedikit lebih tinggi dari pergelangan tangan. Lemaskan bahu Anda ketika lengan berada di samping.
  4. Jika memungkinkan, gunakan tangan secara bergantian ketika mengulangi gerakan yang sama.

Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat.