Tim PKRS RSST – Sobat sehat, sering dong mendengar istilah Kawasan Tanpa Rokok atau KTR? Apa sih Kawasan Tanpa Rokok atau KTR itu? Dimana saja? Apakah ada di sekitar lingkungan kita?

Gini lho sekilas tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR)…

Dikutip dari Pedoman Pengembangan Kawasan Tanpa Rokok Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kawasan Tanpa Rokok (KTR) adalah ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan dan/atau mempromosikan produk tembakau. Berkenaan dengan hal tersebut, ada 7 (tujuh) Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Dimana saja itu?

  1. Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Adalah suatu alat dan/atau tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat.

  1. Tempat Proses Belajar Mengajar

Adalah sarana yang digunakan untuk kegiatan belajar, mengajar, pendidikan dan/atau pelatihan.

  1. Tempat Anak Bermain

Adalah area, baik tertutup maupun terbuka, yang digunakan untuk kegiatan bermain anak-anak.

  1. Tempat Ibadah

Adalah bangunan atau ruang tertutup yang memiliki ciri-ciri tertentu yang khusus dipergunakan untuk beribadah bagi para pemeluk masing-masing agama secara permanen, tidak termasuk tempat ibadah keluarga.

  1. Angkutan Umum

Adalah alat angkutan bagi masyarakat yang dapat berupa kendaraan darat, air dan udara biasanya dengan kompensasi.

  1. Tempat Kerja

Ruang atau lapangan tertutup atau terbuka, bergerak atau tetap dimana tenaga kerja bekerja, atau yang dimasuki tenaga kerja untuk keperluan suatu usaha dan dimana terdapat sumber atau sumber-sumber bahaya.

  1. Tempat Lain yang Ditetapkan

Adalah tempat terbuka yang dimanfaatkan bersama-sama untuk kegiatan masyarakat.

Nah… Sobat sehat sudah menyimak beberapa tempat yang menjadi Kawasan Tanpa Rokok (KTR), diharapkan sobat sehat tidak merokok di tempat yang sudah ditetapkan menjadi KTR ya… (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://www.kemkes.go.id/resources/download/promosi-kesehatan/pedoman-ktr.pdf
  2. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-paru-kronik/kenali-dimana-saja-7-kawasan-tanpa-rokok