Tim PKRS RSST – Kasus yang dinyatakan positif COVID-19 di Indonesia per tanggal 10 September 2020 mencapai 207.203 orang. Semakin tinggi bukan? Sampai-sampai Pemprov DKI Jakarta akhirnya memutuskan untuk ‘menarik rem’, kembali menerapkan PSBB secara ketat. PSBB rencananya akan kembali berlaku pada hari Senin, 14 September 2020. Pemerintah juga terus menghimbau masyarakat untuk menerapkan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi ini dengan mematuhi protokol kesehatan seperti : selalu kenakan masker, jaga jarak minimal 1 – 2 meter, dan cuci tangan menggunakan sabun.

Berikut beberapa tips kenakan, cara lepas, dan buang masker dengan benar :

  1. Sebelum menyentuh masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau cairan pembersih berbahan alkohol (minimal 60%).
  2. Ambil masker dan periksa apakah ada sobekan atau lubang.
  3. Setelah diperoleh masker dalam kondisi baik, pakai dengan benar. Pastikan arah masker sudah benar (pita logam terletak di sisi atas).
  4. Pastikan sisi depan masker (sisi yang berwarna) menghadap depan, letakkan masker di wajah.
  5. Tekan pita logam atau sisi masker yang kaku sampai menempel sempurna ke hidung. Tarik sisi bawah masker sampai menutupi mulut, hidung dan dagu, pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.
  6. Setelah digunakan, lepas masker, lepas tali elastis dari daun telinga sambil tetap menjauhkan masker dari wajah dan pakaian, untuk menghindari permukaan masker yang mungkin terkontaminasi.
  7. Segera buang masker di tempat sampah tertutup setelah digunakan.
  8. Bersihkan tangan setelah menyentuh atau membuang masker / cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau bila tidak tersedia, cairan pembersih berbahan alkohol (minimal 60%).

Sebelum dimasukkan ke dalam bak sampah, masker lebih baik dirusak terlebih dahulu. Hal itu penting untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab dengan memanfaatkan kembali masker yang sudah digunakan tersebut. (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://www.who.int/
  2. https://covid19.go.id/
  3. https://health.detik.com/