1. Pengantar

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh.

Rumah Sakit Umum Pusat dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten merupakan institusi pemerintah di bidang pelayanan kesehatan di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sebagai rumah sakit kelas A merupakan rumah sakit rujukan utama bagi masyarakat Kabupaten Klaten, kabupaten lain di Jawa Tengah, Yogyakarta dan sekitarnya. Visi RSST Klaten yaitu unggul dalam pelayanan publik untuk mewujudkan Indonesia maju pada tahun 2024. RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten melakukan inovasi dengan memfokuskan pada 3 layanan unggulan selama periode 2020 – 2024, yaitu layanan pediatrik terpadu, kedokteran olahraga dan kanker terpadu. Layanan kanker terpadu sebagai salah satu unggulan membutuhkan optimalisasi dan pengembangan layanan baik sistem, sumber daya manusia maupaun sarana dan prasarana pendukung. Selanjutnya kami berusaha untuk terus memperbaiki diri dalam mencapai layanan kanker terpadu yang standar sesuai pedoman penatalaksanaan kanker dan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna layanan.

Demikian pengantar ini, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangundemi peningkatan mutu layanan kanker terpadu pada khususnya, serta kemajuan RSST Klaten pada umumnya. Salam sehat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ketua Tim Onkologi

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

ttd

dr. R. Aryo Nindito, SpB (K)Onk

2. Profil

Layanan Kanker Tepadu meliputi penegakan diagnosis dan pemberian terapi kanker, baik kanker padat (kanker payudara, kanker usus, kanker paru, dan lain-lain) maupun kanker darah (leukemia, limfoma, myeloma).

a. Kanker padat

Penegakan diagnosis kanker padat dilakukan oleh beberapa bidang spesialisasi, yang meliputi:

– Dokter Bedah Onkologi dan dokter spesialis lain yang akan melakukan pengambilan sampel jaringan/ benjolan (melalui tidakan biopsi, aspirasi jarum halus atau reseksi)

– Dokter Patologi Anatomi yang akan melakukan pemeriksaan dengan mikroskop dan alat penunjang lain untuk memastikan diagnosis kanker atau bukan

– Dokter spesialis Radiologi sebagai layanan penunjang dalam menegakkan diagnosis kanker melalui pemeriksaan foto rontgen, USG, CT scan atau MRI.

Pengobatan kanker padat meliputi terapi pembedahan/ operasi, dan bukan pembedahan (kemoterapi injeksi/pil, hormon, terapi target dan imunoterapi). Pengobatan kanker secara pembedahan dilakukan oleh dokter Bedah Onkologi dan dokter spesialis lain untuk menghilangkan jaringan yang terkena kanker. Sedangkan pengobatan kanker selain pembedahan dilakukan oleh dokter Hematologi dan Onkologi Medik (HOM) di bagian Penyakit Dalam/Anak, Bedah Onkologi, Gynekologi Onkologi dan Paru Onkologi. Selain itu terdapat terapi radiasi yang melengkapi pengobatan pada kanker oleh dokter spesialis Radiologi Onkologi namun saat ini pelayanan ini belum tersedia di RSST Klaten.

b. Kanker darah

Penegakan kanker darah dilakukan melalui pemeriksaan laboratorium darah dan pemeriksaan sumsum tulang. Dokter yang terlibat dalam mendiagnosis kanker darah adalah dokter Hematologi dan Onkologi Medik (HOM) di bagian Penyakit Dalam/Anak dan dokter spesialis Patologi Klinik. Beberapa jenis kanker darah seperti limfoma, plasmasitoma, membutuhkan pemeriksaan biopsi jaringan yang dilakukan oleh Dokter Bedah Onkologi atau dokter spesialis lainnya. Secara umum pengobatan kanker darah tidak berupa terapi pembedahan namun dengan kemoterapi baik injeksi atau pil. Pengobatan untuk beberapa jenis kanker darah juga dapat dibantu dengan terapi radiasi.

3. Produk layanan unggulan

a. Kanker padat :

  1. Kanker payudara
  2. Kanker rahim, leher rahim, indung telur
  3. Kanker usus, lambung, kerongkongan
  4. Kanker kepala dan leher
  5. Kanker nasofaring
  6. Kanker paru
  7. Kanker prostat
  8. Kanker kandung kemih, ginjal
  9. Kanker otak
  10. Kanker jaringan lunak
  11. Kanker tulang
  12. Kanker hati
  13. Kanker tiroid

b. Kanker darah :

  1. Limfona Hodgkin, non Hodgkin
  2. Leukemia akut, kronik
  3. Mieloma

4. Fasilitas peralatan

Fasilitas peralatan yang tersedia di RSST Klaten adalah fasilitas diagnostik di bagian Patologi Anatomi dan bagian radiologi yaitu rontgen, ultrasonografi (USG), computed tomography (CT) scan dan magnetic resonance imaging (MRI). Selain itu RSST baru menyiapkan alat pemeriksaan imunohistokimia di bagian Patologi Anatomi yang penting digunakan untuk menentukan jenis kanker. Sedangkan fasilitas untuk terapi kanker adalah pembedahan/ operasi, penyediaan obat kemoterapi, hormon dan terapi target.

5. Kinerja pelayanan

Layanan kanker sudah dimulai sejak tahun 2019 di RSST Klaten. Seiring waktu angka kunjungan pasien untuk layanan kanker semakin meningkat dan mengurangi jumlah pasien kanker yang harus dirujuk ke rumah sakit lain di luar Klaten. Saat ini pelanggan terbesar yang memanfaatkan layanan kanker terpadu ini adalah masyarakat Klaten.

6. Penelitian dan publikasi

Tim onkologi RSST Klaten berencana membangun pencatatan register kanker bagi pasien kanker di RSST Klaten dan rumah sakit jejaring di wilayah Klaten.

7. Jejaring RS mitra

Dalam memberikan pelayanan kanker terpadu, RSST Klaten menjalin kerjasama dengan RS lain di wilayah Klaten serta RSUP dr.Sardjito Yogyakarta.

8. Agenda kegiatan ilmiah mendatang

9. Aksesibilitas

Transportasi darat: bus, taxi, kereta api

Peta koordinat (klik disini)

Hotel dan Penginapan

  • Hotel Grand Tjokro, alamat: Jl. Pemuda Selatan No.42, Telp. 0272-333388
  • Hotel Srikandi, alamat: Jl. Diponegoro , Telp 0272-325374
  • Hotel Perdana Raya, alamat: Jl. Pemuda No.218, Telp. 0272-321113
  • Hotel Galuh, alamat: Jl.Manisrenggo Km.1 Prambanan, Telp. 0274-496855

10. Cara merujuk

a.  Pendaftaran rawat jalan / konsultasi di poliklinik IRJT lewat WA 0816917000 (klik disini)

b.  Pendaftaran rawat inap setelah pelayanan di poliklinik/ IGD