Posted by Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran at Februari 24, 2022 1:49 pm Informasi Kesehatan

Kamis, 24 Februari 2022, Tim Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP dr. Soeradji Tirtongeoro Klaten bersama mahasiswa Unriyo menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dengan judul “Kangoroo Mother Care”. Acara diselenggarakan di ruang tunggu Neonatal Intensive Care Unit (NICU) RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro.

Kangoroo Mother Care / KMC merupakan perawatan bayi dengan menggendong dan melekatkan bayi ke dada ibu seperti kanguru (memasukkan anaknya ke dalam kantung), tanpa ada batas kain sehingga kulit bayi dan ibu kontak langsung. Kapan KMC dilakukan ? KMC dilakukan setelah kondisi bayi stabil, bayi berat lahir rendah dilakukan saat 2 minggu kelahiran sampai 36 minggu atau menunggu berat badan bayi 2.000 gram dengan lama 3 jam. KMC dilakukan kepada : bayi premature, bayi berat lahir rendah/ BBLR < 2500 gr, bayi dalam inkubator, produksi ASI tidak adekuat, pemberian ASI Eksklusif tidak optimal.

Berikut manfaat KMC yakni menstabilkan denyut jantung, suhu, dan pernafasan, mempertahankan suhu tubuh dalam rentang normal, meningkatkan pertumbuhan efektif, meningkatkan berat badan, mengurangi stress ibu, meningkatkan hubungan emosi atau psikologis antara ibu & bayi, mempercepat masa rawat inap di rumah sakit, mengurangi lama bayi menangis dan menurunkan resiko infeksi pada bayi.

Antusias peserta sangat baik. Sebagai monev penyuluhan kesehatan audien diberikan apresiasi dalam bentuk soevenir.