Jangan Nekat… Tetap Disiplin Agar Tetap Sehat

Tim PKRS RSST – Merebaknya penyebaran COVID-19 di Indonesia membuat masyarakat harus waspada. Melihat adanya kasus yang terinfeksi COVID-19, pemerintah memberikan imbauan bagi masyarakat untuk berdiam diri di dalam rumah.

Pemerintah mengeluarkan kebijakan memberikan libur bagi pelajar supaya belajar di rumah. Beberapa perusahaan menerapkan sistem kerja jarak jauh supaya karyawannya tidak terserang COVID-19.

Meskipun demikian tampak masyarakat yang tidak mengindahkan imbauan pemerintah. Sebagian orang merasa penat dan nekat pergi ke luar rumah untuk nongkrong maupun bermain.

Sebaiknya social distancing dilaksanakan oleh masyarakat untuk menekan penyebaran COVID-19. Tetapi sebagian masyarakat Indonesia justru kurang menyadari pentingnya social distancing. Momentum untuk berdiam diri di rumah, sebaliknya dianggap sebagian masyarakat untuk pergi berlibur.

Bukan tanpa alasan hal ini dapat terjadi. Masih ada orang yang tidak mengikuti anjuran pemerintah. Psikolog Vici Sofianna Putera menilai hal ini terkait dengan persepsi masyarakat terhadap risiko infeksi virus yang rendah. Oleh karena itu, Vici menilai perlu adanya langkah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap risiko infeksi virus (COVID-19).

Bahasa kampanye yang digunakan sebaiknya juga bahasa yang mudah dimengerti. Kampanye juga harus memperhatikan kedekatan pesan dengan keseharian orang Indonesia. Perlu ada kampanye yang mengingatkan bahwa semua orang berisiko terkena infeksi COVID-19. Virus ini bahkan bisa menular meski seseorang tidak menunjukkan gejala.

Melihat hal tersebut sebaiknya imbauan berdiam diri di rumah tidak dilanggar, agar penyebaran Virus Corona dapat ditekan. Meskipun beberapa orang merasa bosan harus berdiam diri di dalam rumah, hingga ada yang nekat nongkrong ditempat-tempat yang ramai.

Berdiam diri di dalam rumah merupakan langkah terbaik. Berdiam diri di dalam rumah dapat menjadi momentum untuk mendekatkan diri dengan keluarga.

Tidak lupa di dalam rumah pun tetap mematuhi imbauan pemerintah untuk selalu memakai masker, jaga jarak dengan anggota keluarga yang lain, selalu cuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar dengan 6 (enam) langkah, olah raga teratur, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menjaga daya tahan tubuh. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://admin.corona.jatengprov.go.id/gallery/85288626.jpeg
  2. https://fame.grid.id/read/462073483/masih-banyak-orang-yang-nekat-keluar-rumah-saat-wabah-virus-corona-meluas-paranormal-mbak-you-berikan-peringatan-menebus-waktu-yang?page=all
  3. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200323070716-284-485888/risiko-corona-dianggap-rendahorang-tetap-bandel-keluar-rumah
  4. https://fame.grid.id/read/462073483/masih-banyak-orang-yang-nekat-keluar-rumah-saat-wabah-virus-corona-meluas-paranormal-mbak-you-berikan-peringatan-menebus-waktu-yang?page=all