Jangan Kendor Cegah COVID-19 dengan 3M

Tim PKRS RSST – Sobat sehat, COVID-19 belum berakhir, kita harus waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan dan melakukan gerakan 3M dalam keseharian untuk mencegah penularan COVID-19. dr. Reisa Broto Asmoro mengimbau agar masyarakat lebih baik di rumah saja agar memutus mata rantai pandemi yang harus dilakukan secara bersamaan di seluruh Indonesia.

Gerakan 3M yang dimaksud adalah dengan Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan.

Upaya tersebut sebagai langkah untuk mencegah penularan COVID-19 dan meningkatkan kewaspadaan untuk menjaga jarak saat berinteraksi.

Untuk jaga jarak, masyarakat dapat memaksimalkan penggunaan teknologi virtual dalam berinteraksi. Sementara itu, apabila terpaksa harus tatap muka, maka ikuti protokol kesehatan dengan ketat dan selalu jaga jarak.

Adapun dari pemerintah terus mensosialisasikan kebiasaan baru dengan jaga jarak untuk mencegah penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat. Dengan menjaga jarak sejauh 2 (dua) meter ketika masyarakat berinteraksi satu sama lain akan mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona. Karena daya jangkau percikan air yang berasal dari hidung maupun mulut tidak akan mampu mencapai jarak aman tersebut. Dengan jaga jarak akan terhindar dari droplet yang dapat terjadi ketika individu saling berinteraksi.

Sayang kesadaran masyarakat untuk jaga jarak masih minim. Menurut survei Satgas COVID-19 kepada masyarakat secara umum. Dari survei tersebut mereka mengatakan dari pola 3M yang harus diterapkan, menjaga jarak adalah yang paling sulit untuk dilakukan masyarakat. Jaga jarak dianggap kebiasaan baru yang paling sulit dilakukan karena menyadari manusia adalah makhluk sosial.

Hal ini jelas menjadi tantangan, karena COVID-19 akan lebih mudah dimusnahkan bila masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Oleh karena itu, wajib setiap orang untuk mentaati protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan kapan dan di manapun saat beraktivitas bersama orang lain :

  1. Selalu jaga jarak aman, minimal 1-2 meter menghindari kerumunan.
  2. Selalu hindari kontak erat seperti bersalaman dan berpelukan.
  3. Selalu pakai masker menutupi hidung, mulut, hingga dagu.
  4. Selalu cuci tangan pakai sabun atau cairan antiseptik.
  5. Selalu ikuti aturan pemerintah serta protokol di tempat umum. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://kesehatan.kontan.co.id/news/cegah-penularan-covid-19-ingat-kembali-penerapan-3m-di-keseharian.
  2. https://nasional.kompas.com/read/2020/09/22/15113821/cegah-covid-19-dengan-3m-dirjen-ikp-jaga-jarak-dan-hindari-kerumunan?page=all.