Klaten – Pada era milenial sekarang ini pergaulan remaja seringkali tidak terkontrol. Minimnya pengetahuan tentang bahaya seks bebas akan berdampak pada penularan penyakit seksual yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini memberi ancaman terhadap banyak remaja yang saat ini tengah menderita Infeksi Menular Seksual (IMS) tanpa menyadarinya dan terganggu oleh gejala-gejalanya. Beberapa jenis IMS akan merusak organ reproduksi.

Sesuai namanya, penyakit menular seksual menyebar melalui hubungan intim, baik secara vaginal, anal, maupun oral. Tidak hanya hubungan intim, penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan berbagi jarum suntik dengan penderita. Infeksi juga dapat ditularkan dari ibu hamil ke janin, baik selama kehamilan atau saat persalinan. Ada beberapa IMS antara lain : kencing nanah / gonoroe, herpes simplek genital, kutil kelamin / kondiloma akuminata, sifilis, dan trikomoniasis.

Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST), dr. Nur Dwita Larasati, M.Sc, Sp.KK membahas seputar Infeksi Menular Seksual (IMS) pada live talkshow Dokter Menyapa di ADiTV Yogyakarta pada Senin, 17 Februari 2020 pukul 19.30 – 20.30 WIB. Pada segmen tanya jawab, masyarakat dapat aktif mengajukan pertanyaan melalui line telepon ke ADiTV Yogyakarta seputar materi yang telah disampaikan. Antusiasme masyarakat pun sangat luar biasa.