Tim PKRS RSST – Kasus positif COVID-19 semakin melambung tinggi. Per tanggal 20 September 2020, data yang dihimpun ada sebanyak 244.676 orang dinyatakan positif. Pandemi COVID-19 masih terjadi.

Pandemi ini memaksa setiap orang untuk dapat bertahan hidup dengan tatanan baru (new normal) bersama COVID-19. New normal ini dapat diartikan sebagai kondisi dimana masyarakat dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan melakukan adaptasi untuk dapat hidup berdampingan dengan COVID-19. Masyarakat perlu beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, misalkan dengan bekerja, berdagang, mengajar, bersosialisasi, dan aktualisasi diri. Oleh sebab itu, perlu adanya peraturan baru, gaya hidup yang baru serta kebiasaan baru yang dapat menjadikan masyarakat sehat, bugar, dan produktif.

Masyarakat harus beradaptasi menjadikan protokol kesehatan sebagai kebiasaan baru agar dapat menjadi masyarakat yang produktif dan aman dari COVID-19. Masyarakat produktif dan aman adalah kebiasaan baru dimana masyarakat memiliki kesadaran untuk hidup dengan cara yang lebih sehat, beraktivitas, dan bekerja lebih produktif, serta aman dari penularan COVID-19. Era masyarakat produktif dan aman merupakan bagian dari exit strategi yang diterapkan setiap negara dalam menghadapi pandemi mengingat vaksinasi atau pemberian obat untuk COVID-19 belum dapat dilakukan.

Saat ini kita harus tetap menjalankan hidup dengan adaptasi kebiasaan baru, lebih sehat, disiplin menjaga protokol kesehatan agar bisa tetap produktif dan aman dari COVID-19. Mulai dari selalu memakai masker, membiasakan diri cuci tangan, dan menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain. (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. https://covid19.go.id/
  2. https://kesmas.kemkes.go.id/