Klaten – Seperti yang kita ketahui bahwa setiap tanggal 1 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai HAS (Hari AIDS Sedunia). Istilah HIV/AIDS pasti sudah sering kita dengar atau banyak kita temui di media sosial. Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember dengan tujuan ditetapkannya adalah untuk mengingatkan pentingnya peran dan komitmen negara-negara di dunia dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS.

Upaya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS sendiri bertujuan untuk mewujudkan target Three Zero pada 2030, antara lain tidak ada lagi penularan infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Dan peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2020 ini mengusung tema Perkuat Kolaborasi, Tingkatkan Solidaritas : 10 Tahun Menuju Akhir AIDS 2020. Dengan subtema Saya Berani, Saya Sehat :

  1. Berani tes HIV, status positif patuh minum ARV.
  2. HIV dapat dicegah dan dikendalikan.
  3. Virus tidak terdeteksi = tidak menularkanHIV.

Oleh sebab itu, pada peringatan tahun ini, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) turut berpartisipasi dalam pelaksanaan kampanye peringatan Hari HIV/AIDS Sedunia ini. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain dengan penyuluhan kesehatan di radio, Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten dan Radio Candi Sewu Klaten. Dengan begitu informasi kesehatan seputar HIV/AIDS dapat tetap disampaikan meskipun di tengah pandemi COVID-19 ini kepada massyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Klaten. Radio tetap menjadi media / sarana penyampaian informasi kepada masyarakat yang pas di hati.

Selain di radio luar rumah sakit, 2 (dua) hari berturut-turut juga dilaksanakan siaran kesehatan di Radio Sentral RSST. Pembahasannya pun juga masih seputar HIV/AIDS. Dengan tujuan memberikan edukasi seputar informasi kesehatan HIV/AIDS secara menyeluruh dan mendalam kepada petugas, pasien, dan pengunjung rumah sakit dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan.

Di puncak acara, dilaksanakan kegiatan pembagian bingkisan kepada teman-teman ODHA (Orang Dengan HIV) sebagai wujud tali kasih dan bentuk solidaritas bersama.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim VCT (Voluntery Conceling and Testing) bersama Tim PKRS RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Sebagai narasumber dan konselor dari Tim VCT yaitu : dr. Taufik Hidayat, Sp.PD; dra. Karni; Sutanti, AMKeb; dan Anggit Dwi Satiti, AMKeb.

Pada masa pandemi seperti saat ini, ODHA juga menjadi salah satu kelompok yang berisiko tinggi terhadap COVID-19. Bagi ODHA yang mengkonsumsi obat ARV secara rutin, tetap harus waspada dengan potensi penularan COVID-19.

Selain itu tetap peduli dan saling jaga. Serta STOP STIGMA…

Tetap peduli dan saling jaga… Hentikan stigma untuk sama-sama menjadi masyarakat yang tangguh dan sehat mental…

Upayakan untuk meningkatkan imunitas tubuh serta selalu patuhi protokol kesehatan 3M (Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak dan jauhi kerumunan, serta Mencuci tangan pakai air mengalir dan sabun), untuk melindungi diri dan keluarga dari COVID-19…