Sahabat sehat, budaya cuci tangan, etika batuk dan bersin adalah hal yang wajib diketahui masyarakat dan harus menjadi budaya dalam kehidupannya sehari-hari. Karena saat ini berbagai macam virus dan bakteri berterbangan di udara. Kebersihan tangan dengan melakukan budaya cuci tangan, merupakan salah satu cara untuk mencegah kita terpapar dari kuman yang bisa menyebabkan infeksi.

Lalu kapan sebaiknya kita melakukan cuci tangan?

  1. Sebelum makan
  2. Setelah dari Toilet
  3. Setelah berpergian
  4. Setelah bersentuhan dengan orang sakit
  5. Apabila terlihat kotor

Sedangkan kebersihan tangan di Rumah Sakit juga sangat penting karena untuk menekan angka infeksi dan cara paling sederhana untuk menjaga keselamatan pasien. Petugas Harus melaksanakan cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh pasien.

6 (enam) langkah cuci tangan yang benar :

  1. Letakkan sabun antiseptik di telapak tangan dan ratakan dengan kedua telapak tangan.
  2. Gosok punggung tangan dan sela-sela jari-jari tangan.
  3. Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari.
  4. Gosok kedua buku-buku jari tangan bergantian.
  5. Gosok kedua jari-jari tangan bergantian.
  6. Gosok kedua jari tangan dengan memutar bergantian.

Apa yang dimaksud dengan kebersihan tangan yang baik? Kebersihan tangan yang baik berarti mencuci tangan dengan menggunakan sabun antiseptik dan air mengalir atau menggunakan alkohol, yang berfungsi untuk membantu menghentikan penyebaran kuman.

Selama ada di Rumah Sakit, baik sebagai pasien, pengunjung, maupun petugas diwajibkan dapat melakukan budaya cuci tangan.

Selain itu, saat kita sedang batuk dan bersin, kita harus menerapkan budaya etika batuk dan bersin yaitu dengan menutup hidung dan mulut dengan tissue atau lengan baju, sehingga bakteri tidak menyebar ke udara dan tidak menular ke orang lain.

Langkah-langkah Etika Batuk :

  1. Sedkit berpaling dari orang yang ada di sekitar anda dan tutup hidung dan mulut anda menggunakan tissue atau sapu tangan atau lengan baju dalam setiap kali anda merasaikan dorongan untuk batuk atau bersin.
  2. Segera buang tissue yang sudah dipakai dalam tempat sampah.
  3. Tinggalkan ruangan atau tempat anda berada dengan sopan dan mengambil kesempatan untuk mencuci tangan di kamar kecil terdekat atau dengan menggunakan sabun cuci tangan.
  4. Menggunakan masker

Hal-hal tersebut diatas dipaparkan secara gamblang oleh petugas dari unit PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) pada kegiatan penyuluhan kesehatan pada pasien dan keluarganya di Klinik Bedah, pada hari Selasa 16 April 2019 yang lalu. Antusias pasien dan keluarga terlihat ketika perugas dari PPI mengajak mereka mempraktetkkan 6 (enam) langkah mencuci tangan yang benar, dilanjutkan dengan etika batuk dan bersin yang benar. Setelah itu sebagai evaluasi, pasien dan keluarga diberikan tanya jawab.