Hal Penting Untuk Disiplin Pakai Masker

Tim PKRS RSST – Pemerintah menghimbau masyarakat supaya tetap melaksanakan protokol kesehatan saat pandemi COVID-19. Selain memakai masker, juga tetap menjaga jarak. Telah diketahui Virus Corona menular melalui droplets pernapasan yang dikeluarkan oleh seseorang yang terinfeksi COVID-19.

Penularan COVID-19 dapat terjadi tidak hanya dari orang yang sudah terinfeksi, tetapi juga dari orang yang tidak menunjukkan gejala. Terdapat sejumlah hal penting yang menjadi kunci kesuksesan dalam penanganan COVID-19. Salah satunya dengan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, yang pertama harus disiplin. Disiplin untuk diri pribadi dan disiplin untuk masyarakat.

Mulai dari menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak, mencuci tangan serta penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Pemerintah telah mensosialisasikan, mengedukasi warga bahwa menghadapi COVID-19 dengan cara tidak berkerumun, tidak keluar rumah kecuali untuk bekerja atau hal penting, disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin cuci tangan menggunakan sabun.

Bagaimana Cara Menghambat Penularan COVID-19?

Dikutip dari laman resmi WHO, penggunaan masker dapat menghambat terjadinya penularan Virus Corona melalui droplet dari orang yang terinfeksi (COVID-19). Masyarakat dapat menggunakan masker berbahan kain dengan mempertimbangkan beberapa hal :

  1. Jumlah lapisan kain / tisu.
  2. Kemudahan bernapas yang diberikan bagi pengguna dari bahan masker.
  3. Sifat kedap air / hidrofobik.
  4. Bentuk masker
  5. Kesesuaian ukuran masker.

Tata laksana penggunaan dan pembuangan masker penting untuk dilakukan dengan benar. Hal itu untuk memastikan masker tersebut efektif dan untuk menghindari peningkatan penularan. Di bawah ini cara penggunaan dan pembuangan masker sesuai anjuran WHO :

  1. Tempatkan masker dengan hati-hati, pastikan masker menutup mulut dan hidung, dan kaitkan dengan kuat untuk meminimalisasi jarak antara wajah dan masker.
  2. Hindari menyentuh masker saat digunakan.
  3. Lepas masker dengan teknik yang benar : jangan menyentuh bagian depan masker, melainkan lepaskan masker dari belakang.
  4. Setelah melepas atau setiap kali tidak sengaja menyentuh masker yang terpakai, bersihkan tangan dengan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol atau sabun dan air mengalir jika tangan terlihat kotor.
  5. Segera ganti masker saat masker menjadi lembab dengan masker baru yang bersih dan kering.
  6. Jangan gunakan kembali masker sekali pakai. Buang masker sekali pakai setelah digunakan dan segera buang setelah dilepas. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi :

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/23/120500365/ayo-disiplin-berikut-alasan-mengapa-harus-tetap-menggunakan-masker-saat?page=all.