Klaten – Memperingati Hari Ginjal Sedunia, 8 Maret 2018 RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) melaksanakan kegiatan seminar awam dengan tema Penanganan Anemia dan Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien PGK dan juga kampanye yang mengusung tema Ginjal dan Kesehatan Perempuan : Rangkul, Hargai, Berdayakan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan ginjal pada masyarakat, sehingga masyarakat bisa berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ginjal kronis. Salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan upaya promotif dan preventif dengan modifikasi gaya hidup. Misalnya dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, mengonsumsi makanan sehat (rendah lemak, rendah garam dan tinggi serat), mengontrol tekanan darah dan gula darah, rutin memonitor berat badan dan lain sebagainya. Hal ini juga merupakan wujud aksi nyata  implementasi Gerakan Masyarakat Hidup (Germas).

Kegiatan seminar awam dilaksanakan pada Selasa, 6 Maret 2018 di Gd. Pertemuan lantai 2 dengan narasumber dr. Fredie Irijanto, Ph.D, Sp.PD-KGH. Sedangkan kegiatan kampanye dilaksanakan pada Jumat, 9 Maret 2018 di Ruang Unit Hemodialisa RSST dan dihadiri oleh dokter-dokter konsultan dari RSUD Dr. Moewardi Surakarta, antara lain : dr. Wachid Putranto, Sp.PD (K); dr. Ratih, Sp.PD; dr. Aryo, Sp.PD; dan dr. Agus, Sp.PD.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Indonesia Kidney Care Club (IKCC), organisasi yang didirikan oleh keluarga serta pasien gagal ginjal dan mewadahi seluruh masyarakat Indonesia yang peduli pada kesehatan ginjal.