dr. Adika Mianoki, Sp.S – Tumor otak bisa berasal dari sel otak itu sendiri (tumor otak primer), dan bisa juga merupakan akibat tumor dari anggota tubuh lainnya yang menyebar ke otak (disebut tumor otak sekunder atau tumor metastase).

Penderita tumor otak stadium awal umumnya belum menunjukkan tanda-tanda yang signifikan. Hal inilah yang menyebabkan tumor otak menjadi sulit ditangani karena sulitnya deteksi dini. Namun, selalu ada tanda-tanda awal yang dapat diamati. Gejala dan tanda-tanda tumor otak yang cukup banyak terjadi dan perlu diwaspadai antara lain :

Nyeri Kepala

Nyeri kepala merupakan ciri tumor otak yang banyak terjadi. Nyeri kepala pada penderita tumor otak bukanlah jenis sakit kepala biasa. Tanda-tandanya adalah rasa sakit kepala yang terjadi di tempat yang tidak biasa, seperti misalnya di bagian kepala belakang, atau di bagian belakang telinga. Sakit kepala ini biasanya juga akan terasa semakin sering terjadi sehingga terkadang menyebabkan rasa mual. Tidak jarang penderita mengalami sakit kepala yang dibarengi rasa mual hebat hingga muntah yang sampai menyemprot. Ini merupakan salah satu ciri khas gejala tumor otak. Sebaiknya Anda tidak boleh meremehkan bila mengalami hal ini.

Penurunan Kesadaran dan Kejang

Gejala yang umum terjadi lainnya adalah penurunan tingkat kesadaran. Biasanya terjadi pada tumor yang sudah lanjut. Selain itu sering terjadi juga kejang, terutama pada seseorang yang tidak memiliki riwayat kejang sebelumnya. Tidak jarang kejang kemudian diikuti penurunan kesadaran.

Gangguan Penglihatan dan Pendengaran

Gangguan ini dapat terjadi akibat rasa sakit kepala yang hebat. Selain itu, gangguan penglihatan berupa pandangan yang berbayang, kabur, atau ganda adalah beberapa ciri tumor otak yang paling sering dialami. Penurunan kualitas penglihatan pada usia muda, atau usia yang masih terlalu dini untuk mengalami gangguan penglihatan, juga dapat menjadi tanda-tanda tumor otak stadium awal. Tidak hanya itu, indera pendengaran juga dapat berkurang fungsinya seiring dengan pertumbuhan sel tumor.

Gangguan Bicara dan Berbahasa

Beberapa pasien mengalami kesulitan ketika bicara. Tiba-tiba penderita akan sangat sulit untuk berbicara. Pasien bisa juga mengalami gangguan berbahasa seperti kesulitan untuk mengungkapkan kata-kata dan tidak bisa memahami perintah.

Gangguan Keseimbangan

Pendeita tumor otak bisa juga mengeluh gangguan keseimbangan. Badan mudah goyah / hilang keseimbangan, terutama jika dikaitkan dengan nyeri kepala yang dialaminya.

Kelemahan Separoh Tubuh

Ada beberapa anggota tubuh yang tidak dapat bebas digerakkan, seperti misalnya kaki dan tangan. Umumnya terjadi pada salah satu sisi anggota gerak. Kelemahan bisa disertai juga dengan rasa baal atau kesemutan.

Perubahan Perilaku dan Gangguan Memori

Penyakit tumor otak juga dapat ditandai dengan adanya perubahan kepribadian dan respon yang berkurang terhadap persoalan sehari-hari. Termasuk bisa juga terjadi gangguan memori sehingga pasien menjadi mudah lupa.

 

Inilah beberapa gejala tumor otak yang sering terjadi dan  semestinya  perlu diwaspadai. Ketika Anda mengalami salah satu hal di atas belum tentu mengalami tumor otak. Namun, alangkah baiknya jika Anda segera memeriksakannya ke dokter. Semoga bermanfaat.