Seringkali kita mendengar kata Hepatitis atau Penyakit Hepatitis. Namun banyak dari kita yang belum mengetahui apa Hepatitis itu dan bagaimana penanganannya.

Hepatitis disebabkan oleh virus yang menyerang organ hati manusia atau gangguan dan peradangan pada sel-sel hati yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel jaringan dan dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati.

Ada beberapa jenis Hepatitis dan sumber penularannya. Antara lain Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D, Hepatitis E, dan lain-lain. Jenis Hepatitis yang berbahaya dan paling mudah menular dibanding jenis Hepatitis lainnya adalah Hepatitis B. Hepatitis B adalah infeksi hati akut yang disebabkan oleh Virus Hepatitis B (HBV). Hepatitis B sering diistilahkan sebagai penyakit kuning karena gejala yang timbul di antaranya kulit tampak menjadi kuning, air seni berwarna seperti air teh.

Target di tahun 2017 sebesar 30% kabupaten/kota melakukan deteksi dini Hepatitis B, pada 2018 sebesar 60% kabupaten/kota melakukan deteksi dini Hepatitis B, dan dan 90% kabupaten/kota melakukan deteksi dini Hepatitis B pada 2019, serta eliminasi Hepatitis B pada 2020.

Apabila timbul gejala seperti rasa sakit di daerah perut, urine berwarna gelap, demam, nyeri sendi, kehilangan selera makan, mual dan muntah, lemah dan lelah, kulit dan mata berwarna kekuningan sebisa mungkin segera periksa ke dokter. Sebagai upaya pencegahan kita dapat melakukan suntik vaksinasi Hepatitis B dan terapkan gaya hidup sehat agar tidak terjangkit penyakit ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa Hari Hepatitis Sedunia diperingati setiap tanggal 28 Juli setiap tahunnya. Memperingati “Hari Hepatitis Sedunia“ ini, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) melalui Tim PKRS Humas membuka stand kesehatan dan kampanye Eliminasi Hepatitis di Car Free Day (CFD) Klaten pada Minggu, 28 Juli 2019 dari pukul 06.00 – 09.00 WIB dengan tema “Eliminasi Hepatitis, Selamatkan Generasi Penerus Bangsa”. Pelaksanaan kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya penyebarluasan informasi seputar Hepatitis kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian terkait dengan pencegahan dan penularan Hepatitis.

Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat meliputi pemeriksaan tekanan darah dan IMT, cek kadar gula darah sewaktu dan golongan darah, konsultasi kesehatan oleh dokter dan ahli gizi secara gratis, kampanye aksi Eliminasi Hepatitis dengan talkshow seputar Hepatitis dan pemberian bendera informasi seputar Hepatitis kepada masyarakat pengunjung CFD.