Posted by Sub Bagian Hukormas at Januari 17, 2019 2:38 pm Informasi Rumah Sakit

Klaten – Donor darah rutin setiap 3 bulan kembali diselenggarakan oleh Korpri Sub Unit RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro hari ini Kamis, 17 Januari 2019. Kegiatan ini bertempat di gedung Rawat Inap Dahlia Lantai 1 dengan jumlah pendonor hingga kegiatan berakhir sejumlah 48 orang karyawan dan karyawati.

Kegiatan ini telah rutin dilaksanakan setiap 3 bulan untuk mendukung gerakan kemanusiaan bahwa setetes darah kita sangatlah berharga bagi sesama yang membutuhkan.

Donor darah sebaiknya dilakukan secara teratur. Kita tidak perlu khawatir akan kehabisan darah jika rutin mendonor darah. Ini karena darah memiliki kemampuan regenerasi yang luar biasa untuk mengganti semua sel dan cairan yang telah hilang. Namun ternyata tidak semua orang dapat melakukan donor darah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon pendonor untuk mendonorkan darahnya, diantaranya yaitu berada dalam kesehatan jasmani yang prima, berat badan minimal 45 kilogram, dan berusia antara 17-65 tahun dengan jarak antar donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya. Selain itu orang dengan beberapa kondisi seperti memiliki diabetes, menderita tekanan darah tinggi, ketergantungan obat-obatan terlarang, sedang hamil dan lain-lain, tidak diperkenankan melakukan donor darah.

Mari donor darah bagi kebaikan kita dan sesama!