Klaten – Diabetes Mellitus (DM) masih menjadi masalah kesehatan yang kompleks bagi masyarakat dunia. Menurut Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2013, kenaikan jumlah penyandang DM di Indonesia semakin tinggi, dari yang semula 1,1% pada tahun 2007 menjadi 2,1% di tahun 2013. WHO memprediksi kenaikan jumlah penyandang DM di Indonesia dari 8,4 juta pada tahun 2000 menjadi sekitar 21,3 juta pada tahun 2030.

Penanganan DM membutuhkan waktu yang lama dan terus-menerus. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan kadar glukosa darah sehingga diabetes tidak berkembang menjadi penyakit lain. Ada 4 (empat) pilar penanganan DM, antara lain dengan edukasi, diet, aktivitas fisik, dan obat-obatan.

Diet pada DM bertujuan untuk mendapatkan kontrol individual terhadap kadar gula darah, tekanan darah, dan profil lipid; mencegah / memperlambat terjadinya komplikasi melalui modifikasi asupan dan gaya hidup; memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mempertimbangkan kegemaran dan kebiasaan serta keinginan untuk berubah; serta menjaga kenikmatan makan dengan membatasi makanan tertentu yang terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan gula darah.

Sebagai dokter spesialis gizi klinik, dr. Phitra Sekar Dianggra, Sp.GK dari KSM Penyakit Dalam RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) membahas seputar Diet pada Penyandang DM tersebut pada live talkshow Dokter Menyapa di ADiTV Yogyakarta pada Senin, 23 September 2019 pukul 19.30 – 20.30 WIB. Pada segmen tanya jawab, masyarakat dapat aktif mengajukan pertanyaan melalui line telepon ke ADiTV Yogyakarta seputar materi yang telah disampaikan. Antusiasme masyarakat pun sangat luar biasa.