PKRS RSST – COVID-19 disebabkan oleh SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2). Jika dibandingkan dengan SARS pada 2003 dan MERS pada 2012, penyebaran pandemi ini jauh lebih cepat. Hingga saat ini sudah lebih dari 79 juta kasus terkonfimasi positif yang dilaporkan secara global di seluruh dunia. Pembuatan vaksin baru pada umumnya membutuhkan waktu yang lama yaitu dapat mencapai 10 tahun. Akan tetapi perkembangan teknologilah yang memungkinkan percepatan penemuan vaksin COVID-19 ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa vaksin COVID-19 buatan Sinovac sudah tiba di Indonesia pada Minggu, 6 Desember 2020 sebanyak 1,2 juta dosis. Akan tetapi belum diketahui kapan pelaksanaan vaksinasi dilakukan. Deg-degan menanti vaksin, kapan kira-kira akan dilakukan?

Pelaksanaan vaksinasi bertahap COVID-19 akan dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Badan POM, berdasarkan hasil uji klinik di luar negeri atau Indonesia.

Pemerintah telah menegaskan komitmennya untuk memastikan bahwa vaksinasi hanya dilakukan dengan vaksin yang aman,  efektif, dan bermutu secepatnya. Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), bersama Komite Nasional Penilai Obat dan para ahli akan memastikan dan mengawal aspek keamanan, khasiat serta mutu dari vaksin COVID-19 yang akan digunakan untuk program vaksinasi sesuai standar yang ditetapkan oleh WHO. Pemerintah juga akan memastikan kesiapan semua fasilitas pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan, dan sistem distribusi untuk pelaksanaan vaksinasi. Semua siap dan semua aman…

Keberhasilan penanganan COVID-19 di Indonesia pun akan menjadi keberhasilan kita sebagai bangsa dan juga sebagai bagian dari masyarakat dunia. Salah satu upaya percepatan untuk bisa keluar dari pandemi COVID-19 adalah dengan vaksinasi yang perlu dijalankan bersama dengan disiplin 3M. Tetap laksanakan 3M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan siap divaksinasi saat vaksin telah siap. (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. Indah Pitaloka Sari dan Sri Widodo. 2020. Perkembangan Teknologi Terkini Dalam Mempercepat Produksi Vaksin COVID-19. Universitas Padjadjaran.
  2. https://covid19.go.id/
  3. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).