Tim Promkes RSST – Kita ketahui bahwa telur ayam merupakan salah satu bahan makanan yang sempurna karena banyak mengandung zat gizi lengkap bagi pertumbuhan, terutama bagi balita.

Kekurangan gizi merupakan salah satu penyebab tingginya kematian  bayi dan anak. Apabila anak kekurangan gizi berupa karbohidrat (zat   tenaga) dan protein (zat pembangun) akan menyebabkan anak menderita Kekurangan Energi Protein (KEP), apabila  hal  ini  berlanjut  lama maka akan berakibat terganggunya pertumbuhan, perkembangan mental, dan sistem pertahanan tubuh, yang menjadikan penderita   KEP tingkat berat sehingga sangat mudah terserang penyakit yang berakibat kematian.

Adapun untuk sumber energi berkonsentrasi tinggi adalah bahan  makanan sumber lemak dan karbohidrat, sedangkan bahan makanan hewani merupakan sumber protein yang baik, dalam  jumlah  maupun  mutu, seperti telur, susu, daging, unggas, ikan, dan kerang.

Hampir semua orang membutuhkan telur. Dalam satu butir telur setara dengan 30 gram daging unggas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan protein setiap hari. selain itu telur termasuk bahan makanan sumber protein yang relatif murah dan mudah ditemukan.

Telur merupakan bahan makanan yang tinggi protein. Dalam satu butir  telur ayam mengandung 10,6 gram protein. Protein merupakan zat  makanan yang penting bagi tubuh. Apabila kekurangan konsumsi  protein terjadi pada anak balita dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan badan.

Telur memiliki semua ‘hal’ yang tepat untuk pertumbuhan suatu organisme, jadi jelas telur sangat padat nutrisi. Mengonsumsi telur bersama makanan lain dapat membantu tubuh kita menyerap lebih banyak vitamin juga. Sebagai contoh, sebuah penelitian menemukan bahwa menambahkan telur ke salad dapat meningkatkan asupan vitamin E yang kita dapatkan dari salad.

Tetapi selama beberapa dekade, memakan telur juga menjadi kontroversial karena kandungan kolesterolnya yang tinggi – di mana sejumlah penelitian telah mengaitkannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Satu kuning telur mengandung sekitar 185 mg kolesterol, yang lebih dari setengah asupan kolesterol harian yang direkomendasikan pedoman diet, yaitu sebesar 300 mg.

Apakah sering konsumsi telur dapat membahayakan?

Kolesterol adalah lemak kekuningan yang diproduksi di hati dan usus kita serta dapat ditemukan di setiap sel tubuh kita. Kita biasanya menganggap kolesterol sebagai sesuatu yang ‘buruk’. Tetapi kolesterol adalah unsur penting dalam membran sel kita. Kolesterol juga diperlukan tubuh untuk membuat vitamin D, hormon testosteron, dan estrogen.

Tubuh kita dapat memproduksi semua kolesterol yang kita butuhkan sendiri, tetapi kolesterol juga ditemukan dalam produk hewani, termasuk daging sapi, udang dan telur, serta keju dan mentega.

Kolesterol diangkut ke seluruh tubuh kita oleh molekul lipoprotein dalam darah. Setiap orang memiliki kombinasi berbeda dari berbagai jenis lipoprotein, dan hal itu berperan dalam menentukan risiko kita terkena penyakit jantung.

Akan tetapi, para peneliti belum benar-benar mengaitkan konsumsi kolesterol dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Penekanan ditempatkan pada membatasi berapa banyak lemak jenuh yang kita konsumsi, yang dapat meningkatkan risiko pengembangan penyakit kardiovaskular.

Makanan yang mengandung lemak trans dapat meningkatkan kadar LDL kita. Meskipun beberapa lemak trans ada secara alami dalam produk hewani, sebagian besar dibuat secara artifisial dan ditemukan dalam margarin, camilan, dan beberapa makanan yang digoreng dan dibakar, seperti kue, donat, dan kue.

Sementara itu, udang dan telur adalah makanan tinggi kolesterol yang rendah lemak jenuh. Sementara kolesterol dalam telur jauh lebih tinggi daripada dalam daging dan produk hewani lainnya, lemak jenuh meningkatkan kolesterol darah. Ini telah dibuktikan oleh banyak penelitian selama bertahun-tahun.

Dan dalam sebuah diskusi tentang efek kesehatan telur telah bergeser sebagian karena tubuh kita dapat mengimbangi kolesterol yang kita konsumsi.

Ada sistem di tubuh, sehingga, bagi kebanyakan orang, kolesterol makanan bukan masalah.

Dalam sebuah ulasan pada tahun 2015, dari 40 studi, peneliti tidak bisa menemukan bukti tentang hubungan antara kolesterol dalam asupan makanan dan penyakit jantung.

Manusia memiliki sistem yang baik ketika mengonsumsi kolesterol makanan, dan akan membuat kolesterol mereka sendiri lebih sedikit.

Dan bila menyangkut telur, kolesterol bahkan dapat menimbulkan risiko kesehatan yang lebih kecil. Kolesterol lebih berbahaya ketika teroksidasi di arteri kita, tetapi oksidasi tidak terjadi pada kolesterol dalam telur.

Ketika kolesterol teroksidasi, makanan itu bisa menyebabkan radang, namun ada jenis antioksidan dalam telur yang dapat mencegahnya teroksidasi.

Juga, beberapa kolesterol mungkin sebenarnya baik untuk kita. Kolesterol baik (HDL-High Density Lipoprotein) menyebar ke hati, di mana ia dipecah dan dikeluarkan dari tubuh. HDL dianggap memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung dengan mencegah kolesterol menumpuk di dalam darah. Orang-orang harus peduli dengan kolesterol yang bersirkulasi dalam darah, yang merupakan penyebab penyakit jantung. Yang penting adalah rasio kolesterol baik dan jahat di dalam tubuh kita.

Meski demikian, sekitar sepertiga dari manusia akan mengalami peningkatan kolesterol darah sebesar 10% hingga 15% setelah mengonsumsinya. Berbagai percobaan telah menemukan bahwa orang yang kurus dan sehat lebih mungkin untuk melihat peningkatan kolesterol jahat setelah makan telur.

Mereka yang kelebihan berat badan, obesitas atau diabetes akan mengalami peningkatan kolesterol jahat yang lebih sedikit, dan lebih banyak kolesterol baik. Jadi, apabila kondisi kita memang sehat, telur berpotensi memiliki lebih banyak efek negatif daripada jika kelebihan berat badan.

Tetapi jika kita memang betul-betul sehat, kita juga lebih mungkin memiliki kadar kolesterol baik yang baik, sehingga peningkatan kolesterol buruk mungkin tidak terlalu berbahaya.

Para ilmuwan meneliti 30.000 orang dewasa yang dipantau selama rata-rata 17 tahun dan menemukan bahwa setiap tambahan setengah telur per hari secara signifikan menyebabkan risiko penyakit jantung dan kematian yang lebih tinggi.

“Kami menemukan bahwa, untuk setiap tambahan 300 mg kolesterol yang dikonsumsi, terlepas dari makanan apa, menyebabkan 17% peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, dan 18% peningkatan risiko semua penyebab kematian,” kata Norrina Allen, salah satu dari peneliti dan profesor kedokteran di Northwestern University di Illinois, AS. “Kami juga menemukan bahwa setiap setengah telur per hari menyebabkan peningkatan 6% risiko penyakit jantung dan 8% peningkatan risiko kematian.”

Meskipun penelitian ini adalah salah satu yang terbesar untuk menyelidiki kaitan telur dan penyakit jantung, penelitian ini bersifat observasional, tidak memberikan indikasi sebab dan akibat.

Penelitian itu juga mengandalkan satu set data yang dilaporkan sendiri – peserta ditanya apa yang mereka makan selama bulan atau tahun sebelumnya, kemudian menindaklanjuti hasil kesehatan mereka hingga 31 tahun.

Ini berarti para peneliti hanya mendapat satu gambaran dari apa yang dimakan partisipan, meskipun diet seseorang dapat berubah seiring waktu. Dan penelitian itu pun bertentangan dengan hasil penelitian sebelum-sebelumnya.

Sejumlah penelitian menunjukkan telur baik untuk kesehatan jantung. Satu analisis sebelumnya terhadap setengah juta orang dewasa di Cina, yang diterbitkan pada 2018, bahkan menemukan kebalikannya : konsumsi telur dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Mereka yang makan telur setiap hari memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung 18% lebih rendah dan risiko stroke 28% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak makan telur.

Seperti penelitian sebelumnya, penelitian ini juga bersifat observasional – artinya tidak mungkin untuk menghilangkan sebab dan akibat.

Telur yang bagus

Sementara studi-studi ini menghidupkan kembali perdebatan tentang dampak kolesterol dalam telur terhadap kesehatan, kita tahu beberapa fakta bagaimana telur dapat memengaruhi risiko penyakit. Salah satu caranya adalah melalui senyawa dalam telur yang disebut choline, yang dapat membantu melindungi kita dari penyakit Alzheimer. Senyawa itu juga melindungi hati.

Tetapi choline mungkin memiliki efek negatif juga. Choline dicerna oleh mikrobiota usus menjadi molekul yang disebut TMO, yang kemudian diserap ke dalam hati manusia dan dikonversi menjadi TMAO, sebuah molekul yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Masalahnya adalah ketika, alih-alih diserap ke dalam darah, kolin berlanjut ke usus besar, di mana ia bisa menjadi TMA dan kemudian TMAO.

Tapi dalam telur, choline diserap dan tidak masuk ke usus besar, sehingga tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sementara itu, para ilmuwan mulai memahami manfaat kesehatan lain dari telur.

Kuning telur adalah salah satu sumber lutein terbaik – pigmen yang dikaitkan dengan kondisi penglihatan yang lebih baik dan risiko penyakit mata yang lebih rendah.

Ada dua jenis lutein yang ditemukan di retina mata, di mana ia dapat melindungi retina dari cahaya rusak dengan bekerja sebagai filter cahaya biru, karena paparan cahaya membuat mata rusak.

Sementara para peneliti masih jauh dari pemahaman mengapa telur memengaruhi orang secara berbeda, sebagian besar penelitian terbaru menunjukkan mereka tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan kita, dan jauh lebih mungkin memberikan manfaat kesehatan.

Meski begitu, sarapan telur setiap hari mungkin juga bukan pilihan yang paling sehat -setidaknya seperti yang disarankan, kita harus melakukan diet yang bervariasi daripada meletakkan semua telur kita dalam satu keranjang. (Dn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. Astawan. 2000. Teknologi Pangan dan Gizi.
  2. Almatsier, S. 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi Edisi Revisi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
  3. Pudjiadji, S. 2003. Ilmu Gizi Klinis Pada Anak. Jakarta FKUI.
  4. Setiawan, N. 2006. Daging dan Telur Ayam Sumber Protein Murah. Bandung : Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.
  5. Utomo B. 2008. http://www.vetklinik.com/BeritaPerunggasan/Konsumsi-Telur-Masih Rendah.html.
  6. Haryanti Krido Utami, Sugeng Maryanto Program Studi Ilmu Gizi STIKes Ngudi Waluyo.
  7. http://www.p2ptm.kemkes.go.id.