PKRS RSST – COVID-19 aja belum selesai… Ini beredar COVID-19 varian baru? Hoax atau beneran sih?

Seperti yang disampaikan oleh Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden di Jakarta, 28 Desember 2020 bahwa pemerintah akan menutup sementara perjalanan Warga Negara Asing (WNA) ke Indonesia sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19.

Ada informasi bahwa ditemukannya strain atau varian baru virus COVID-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat. Bukti penularan yang sangat tinggi terlihat dari kenaikan kasus di Inggris.

Pemerintah pun akhirnya memutuskan untuk menutup sementara masuknya WNA ke Indonesia sebagai upaya pencegahan. Hal ini diberlakukan sesuai dengan ketentuan dalam adendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 3 Tahun 2020.

Masyarakat diharapkan lebih waspada dengan adanya varian baru COVID-19 tersebut, namun tidak perlu disikapi dengan kekhawatiran berlebihan. Masyarakat tetap harus menerapkan 3M, Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak dengan menghindari kerumunan. Tidak berhenti menjalankan perilaku 3M tersebut, sampai setelah program vaksinasi diberikan / pandemi COVID-19 berakhir.

Pemerintah dan masyarakat harus berkolaborasi menerapkan langkah preventif alih-alih membiarkan Virus Corona varian baru itu masuk. (Hn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. https://covid19.go.id/
  2. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
  3. Addendum Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021.