Tim Promkes RSST – Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Tetapi kondisi ini tentu tidak boleh dibiarkan berlangsung lama. Supaya stres tidak semakin berlanjut hingga menimbulkan gangguan kesehatan terdapat bermacam cara mudah untuk mengatasi stres yang dapat dilakukan.

Stres merupakan kondisi yang umum terjadi. Saat kondisi normal stres bisa memberikan dampak positif. Tetapi stres dapat berdampak negatif jika sering terjadi atau dibiarkan tanpa penanganan.

Menurut Robbins (2001) menyatakan bahwa stres merupakan suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai sesuatu kesempatan di mana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.

Stres dapat digambarkan sebagai suatu kondisi di mana ada sejumlah besar tekanan emosional / psikologis, frustrasi dan perasaan negatif lainnya yang memengaruhi kesejahteraan emosional seseorang.

Stres yang berlarut-larut dapat memicu terjadinya penyakit. Selain itu imunitas seseorang yang sedang stres juga menurun. Tubuh menjadi sulit melawan virus dan bakteri dan menyebabkan mudah terserang penyakit. Supaya stres tidak menimbulkan masalah kesehatan, sangat penting bagi setiap orang untuk dapat mengurangi dan mengendalikan stres dengan baik.

Langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres dengan mencari tahu penyebabnya yang muncul. Kemudian Anda dapat memikirkan jalan keluarnya. Jika masalah penyebabnya bisa diselesaikan stres juga dengan sendirinya dapat teratasi.

Sementara penyebab stres belum teratasi, dapat melakukan hal-hal berikut untuk mengatasi stres dan pikiran menjadi rileks dengan :

  • Mengungkapkan keluh kesah kepada orang yang dapat dipercaya.
  • Melakukan olahraga rutin.
  • Melakukan meditasi / yoga.
  • Melakukan aktifitas positif yang menyenangkan.
  • Fokus pada saat ini.
  • Menerapkan pola hidup sehat.

Selain cara untuk mengatasi stres seperti yang tersebut di atas, perlu diperhatikan tanpa disadari, hal-hal berikut ini terdapat kebiasaan yang dapat membuat stres yang dialami terasa makin buruk. Di bawah ini adalah cara mengatasi stres yang harus dihindari antara lain :

  • Hindari mengkonsumsi kafein dan produk gula tinggi.
  • Hindari kebiasaan makan tidak teratur atau berlebihan.
  • Tidak mengkonsumsi alkohol dan narkoba, karena hal ini dapat membuat ketergantungan dan menyebabkan stres yang lebih berat dan berkepanjangan.
  • Hindari menjauhi teman dan keluarga. Karena sangat penting untuk dapat berbicara dengan orang lain.
  • Hindari menghabiskan terlalu banyak waktu di komputer atau menonton TV, media sosial juga dapat menjadi sumber stres.

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. Muslim Moh. 2020. Manajemen Stres Pada Masa Pandemi COVID-19. Institut Bisnis Nusantara. Esensi : Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 23 Nomor 2. Hal 193.
  2. Instagram : @p2ptmkemenkesri.