PKRS RSST – Corona virus merupakan virus yang menyebabkan COVID-19. Infeksi terjadi pertama kali diidentifikasi pada Bulan Desember 2019 di Wuhan China, Corona virus mempunyai sifat sangat mudah menular sehingga dalam waktu singkat infeksi menyebar ke seluruh dunia dan menimbulkan pandemi global.

WHO menyatakan COVID-19 sebagai pandemi dunia dan pemerintah Indonesia menetapkan sebagai bencana non-alam berupa wabah penyakit yang perlu dilakukan penanggulangan terpadu melalui beberapa langkah termasuk keterlibatan seluruh komponen masyarakat (Kemenkes RI, 2020). Tanda dan gejala yang tidak spesifik juga menyebabkan infeksi virus ini susah dikenali. Sebagian besar kasus infeksi Corona virus memiliki tanda dan gejala seperti influenza seperti demam, batuk, pilek, pusing dan dalam kondisi berat bisa mengalami sesak napas yang berat. Seseorang dapat terinfeksi virus tersebut dari penderita COVID-19. Penyakit COVID-19 menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin. Droplet yang jatuh pada sebuah benda kemudian disentuh oleh seseorang. Selanjutnya tangan yang menyentuh droplet tersebut mengusap mata, mulut atau hidung maka orang tersebut dapat terinfeksi. Sehubungan dengan tanda dan gejala yang tidak spesifik tersebut maka fokus untuk menekan jumlah kasus COVID-19 adalah mencegah penularan dengan menerapkan protokol pencegahan penularan COVID-19.

Kekhawatiran terhadap penularan COVID-19 mungkin dirasakan oleh masyarakat khususnya para pekerja yang sampai saat ini masih harus beraktivitas di luar rumah. Supaya tetap aman saat di luar rumah atau di kantor sebaiknya menerapkan langkah-langkah pencegahan COVID-19 yang benar dan efektif.

Untuk menghentikan penyebaran virus Corona, pemerintah menyerukan agar masyarakat menerapkan physical distancing dan melakukan aktivitas dari rumah termasuk bekerja. Akan tetapi tidak sedikit orang yang masih harus bekerja di luar rumah baik karena tuntutan profesi atau kebutuhan ekonomi keluarga. Cara-cara mencegah COVID-19 bagi orang yang bekerja di luar rumah :

Kementerian Kesehatan Indonesia mengimbau bagi para pekerja yang masih harus beraktivitas di luar rumah untuk selalu waspada dan menerapkan langkah pencegahan COVID-19. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan ketika bekerja di luar rumah supaya tidak tertular virus Corona yaitu :

  1. Pastikan dalam kondisi sehat.
  2. Upayakan mengenakan pakaian lengan panjang.
  3. Selalu kenakan masker.
  4. Upayakan tidak menggunakan transportasi umum.
  5. Hindari menyentuh benda-benda di tempat umum.
  6. Upayakan membayar secara non-tunai jika terpaksa memegang uang gunakan hand sanitizer sesudahnya.
  7. Tidak menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan, gunakan tisue bersih jika terpaksa.
  8. Jaga kebersihan diri dengan baik.

Berikut ini cara-cara mencegah COVID-19  di tempat kerja :

  1. Saat tiba segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  2. Gunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift.
  3. Tidak berkerumun dan menjaga jarak di lift dengan posisi saling membelakangi.
  4. Bersihkan meja / area kerja dengan desinfektan.
  5. Upayakan tidak sering menyentuh fasilitas / peralatan yang dipakai bersama di area kerja, gunakan hand sanitizer.
  6. Tetap menjaga jarak dengan rekan kerja minimal 1 (satu) meter.
  7. Usahakah aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja.
  8. Biasakan tidak berjabat tangan.
  9. Masker tetap digunakan.
  10. Selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di tempat kerja.

Sesampai di rumah segera lepaskan pakaian yang dikenakan dan taruh di tempat baju kotor. Kemudian langsung mandi dan kenakan pakaian yang bersih. Pastikan tidak bersentuhan dengan orang-orang yang ada di rumah sebelum mandi dan berganti pakaian. Mencuci pakaian dan masker kain menggunakan deterjen. Jika dirasa perlu bisa membersihkan tas, sepatu atau handphone dengan disinfektan.

Hal ini juga penting yang tidak boleh dilupakan adalah menjaga daya tahan tubuh tetap prima dengan mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, rutin berolahraga serta menghindari stres.

Meskipun harus bekerja di luar rumah selama pandemi, kita bisa menjaga diri dari virus Corona. Terapkan langkah-langkah di atas supaya tidak tertular atau menularkan virus Corona ke orang lain. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. https://www.instagram.com/promkesdinkesjateng/.
  2. https://www.alodokter.com/tetap-harus-bekerja-di-luar-rumah-saat-pandemi-covid19-terapkan-ini-agar-tidak-tertular.
  3. Quyumi Elfi dan Moh Alimansur. 2020. Upaya Pencegahan Dengan Kepatuhan Dalam Pencegahan Penularan COVID-19 Pada Relawan COVID. Akademi Keperawatan Dharma Husada Kediri. JPH Recode; 4 (1): 81-87, hlm 81-82. Website : http://e-journal.unair.ac.id/JPHRECODE.
  4. Sarbai Adven Yohanes. 2020. Adaptasi Kebiasaan Baru Profesi Sekretaris di Tengah Pandemi COVID-19. Administrasi Perkantoran D-III Fakultas Vokasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, Volume 5 – Nomor 2, hlm 115-117. Website :  http://jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/download/423/277.