Tim PKRS RSST – Akhir-akhir ini mungkin kita sering mendengar kata PSBB. Apakah PSBB itu? Apakah ada kaitannya dengan Virus Corona? Apa dampaknya bagi kita dan cara menghadapinya. Ketahui yuk tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar / PSBB :

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah kekarantinaan kesehatan di Indonesia yang didefinisikan sebagai “Pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.

Tujuan dari PSBB yaitu mencegah meluasnya penyebaran penyakit Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) yang sedang terjadi antar orang di suatu wilayah tertentu.

Pembatasan kegiatan yang dilakukan meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, dan/atau pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum. PSBB dilakukan oleh pemerintah daerah tingkat provinsi maupun kabupaten / kota setelah mendapatkan persetujuan Menteri Kesehatan melalui Keputusan Menteri.

Dasar hukum pengaturan PSBB yaitu Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai kriteria dan pelaksanaan PSBB diatur dengan Peraturan Pemerintah sebagai peraturan turunan UU.

Untuk menangani COVID-2019 yang telah menjadi pandemi, termasuk di Indonesia, pemerintah menerbitkan PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Jenis Kegiatan yang Dibatasi Adalah :

Peliburan Sekolah dan Tempat Kerja

Kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan untuk dilaksanakan di rumah dengan media yang paling efektif.

Kegiatan bekerja di tempat kerja dibatasi dan diganti dengan proses bekerja di rumah / tempat tinggal untuk menjaga produktivitas pekerja. Peliburan dikecualikan bagi kantor atau instansi strategis yang memberikan pelayanan terkait pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor dan impor, distribusi, logistik, dan kebutuhan dasar lainnya.

Pembatasan Kegiatan Keagamaan

Pembatasan kegiatan keagamaan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan keagamaan yang dilakukan di rumah dan dihadiri keluarga terbatas, dengan tetap menjaga jarak setiap orang dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan, dan fatwa atau pandangan lembaga keagamaan resmi yang diakui oleh pemerintah.

Pembatasan Kegiatan di Tempat atau Fasilitas Umum

Pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum dilaksanakan dalam bentuk pembatasan jumlah orang dan pengaturan jarak orang.

Pembatasan Kegiatan Sosial dan Budaya

Pembatasan dilaksanakan dalam bentuk pelarangan kerumunan orang dalam kegiatan sosial dan budaya serta berpedoman pada pandangan lembaga adat resmi yang diakui pemerintah dan peraturan perundang-undangan.

Pembatasan Moda Transportasi

Pembatasan dikecualikan pada sarana transportasi penumpang baik umum atau pribadi dengan memperhatikan jumlah penumpang dan menjaga jarak antar penumpang serta sarana transportasi barang dengan memperhatikan pemenuhan kebutuhan dasar penduduk.

Pembatasan Kegiatan Lainnya Khusus Terkait Aspek Pertahanan dan Keamanan

Pembatasan dikecualikan pada kegiatan aspek pertahanan dan keamanan dalam rangka menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan, serta mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, dengan tetap memperhatikan pembatasan kerumunan orang serta berpedoman kepada protokol dan peraturan perundang-undangan.

Masa Berlaku PSBB :

Sejak kapan PSBB diberlakukan? Berdasarkan keputusan pemerintah, PSBB diberlakukan mulai tanggal 10 April 2020. PSBB ini berlaku selama masa inkubasi terpanjang dari Virus Corona yaitu selama 14 hari, tetapi bisa saja akan diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran virus.

#PEMERINTAH DI BEBERAPA WILAYAH SUDAH MENETAPKAN PSBB. INI ADALAH SALAH SATU UPAYA AGAR MASYARAKAT TETAP DISIPLIN #DiRumahAja dan #TidakMudik.

Tetap #DiRumahAja, ya Jangan Piknik, Jangan Mudik. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://corona.jatengprov.go.id/assets/images/slider/2/patuhi_psbb.jpeg
  2. https://cashbac.com/blog/apa-itu-psbb-semua-tentang-psbb/
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Pembatasan_sosial_berskala_besar