Bagaimana Pergaulan di Tempat Kerja Bebas COVID-19?

Tim PKRS RSST – Jumlah pasien  yang dinyatakan positif COVID-19 semakin meningkat dari hari sebelumnya. Persebaran virus yang begitu cepat pun membuat beberapa perusahaan mulai mengizinkan karyawannya bekerja dari rumah (work from home) untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Mulai dari Hari Senin (16/03/2020) beberapa provinsi di Indonesia juga sudah meliburkan sekolah dan tempat kerja untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi. Meskipun begitu, masih banyak juga instansi yang masih ngantor untuk bekerja.

Bagi teman-teman karyawan yang masih harus bekerja di tempat kerja, ada panduan pergaulan di tempat kerja agar bebas COVID-19 lho…

Disimak yuk…

Pertama, santai di meja. Apabila ada perlu chatingan saja. Hindari pertemuan langsung, gunakan konferensi online, email atau telepon jika memungkinkan, bahkan ketika kita berada di gedung yang aman.

Kedua, jangan deket-dekat. Tetap jaga jarak, jarak aman adalah 2 meter. Pertemuan tatap muka yang tidak terhindarkan, waktu terbatas, ruangan besar, tetap usahakan tidak duduk berdekatan dan hindari kontak fisik.

Ketiga, kurangi bepergian ke luar kota dan juga dinas luar. Batalkan atau tunda perjalanan dinas, pertemuan-pertemuan yang tidak penting, seminar, pelatihan, dan lain sebagainya.

Keempat, bawa bekal dari rumah, selain lebih sehat juga lebih irit. Bawa makan siang dan makan di meja sendiri atau jauh dari orang lain (hindari ruang makan siang dan restoran ramai).

Kelima, pergi lebih awal biar tidak kena macet di jalan. Sebisa mungkin hindari transportasi umum dan pergi lebih awal untuk menghindari kontak fisik di perjalanan.

Keenam, jangan berkumpul di ruang kerja, dapur, ruang mesin fotocopi atau area lain di tempat biasa kita bersosialisasi. Tetap jaga jarak 2 meter apabila memungkinkan.

Terakhir, tidak perlu gathering kalau tidak penting. Batasi gathering, team building dan kegiatan lain dimana kemungkinan terjadi kontak dekat dengan orang lain.

Yuk bersama-sama kita lawan Corona. (Hn)

 

 

 

Referensi :

  1. World Health Organization
  2. http://ksp.go.id/waspada-corona/
  3. https://regional.kontan.co.id/news/cegah-penyebaran-corona-perusahaan-di-jakarta-minta-karyawan-kerja-dari-rumah
  4. corona.jakarta.go.id