Tim PKRS RSST – Di tengah merebaknya Virus Corona, banyak orang lebih fokus pada wabah penyakit ini. Padahal, ada banyak kasus flu lainnya yang juga tidak bisa diabaikan. Penyebaran Virus Corona CoVid-19 yang semakin pesat dan sudah masuk ke wilayah Indonesia telah menyebabkan banyak orang semakin panik. Sebagian orang pun mulai berbondong-bondong membeli produk untuk mencegah penularan virus, seperti masker dan juga hand sanitizer.

Padahal ada beberapa cara untuk mencegah penularan Virus Corona, salah satunya menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai air dan sabun. Akan tetapi, virus dan penyakit juga berkaitan dengan daya tahan tubuh seseorang. Sistem kekebalan tubuh yang lemah bisa membuat seseorang lebih rentan terinfeksi virus dan penyakit.

Sistem kekebalan tubuh bisa rusak karena banyak hal, seperti : stres, racun, kurang olahraga, dan konsumsi makanan tidak sehat. Sistem kekebalan tubuh adalah hal yang sangat penting terlebih untuk mencegah Virus Corona. Lalu, bagaimana meningkatkan sistem imun tubuh?

Yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, antara lain dengan :

  1. Istirahat cukup : dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur 7-8 jam dan remaja sekitar 9-10 jam.
  2. Perbanyak makan sayur dan buah : kandungan vitamin dan mineral sayur dan buah memperkuat sistem imun tubuh.

Suplementasi (yang mengandung echinacea, buah mengkudu, daun meniran, vitamin B6, vitamin C, dan E) sebagai tambahan, tetapi bukan yang utama.

  1. Rutin berolahraga : rekomendasi 30 menit setiap hari. Olahraga yang murah dan mudah seperti berjalan kaki.
  2. Hindari stress : stress yang tidak terkendali dan berkepanjangan akan meningkatkan hormon kortisol. Dalam jangka panjang hormon kortisol yang bisa menurunkan kekebalan sistem imun.
  3. Hindari Rokok dan alkohol : paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem imun. (Hn)

 

 

 

Referensi :

  1. “Cegah Virus Corona, Ini 3 Langkah Sederhana Menjaga Imunitas Tubuh”, https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/02/095229320/cegah-virus-corona-ini-3-langkah-sederhana-menjaga-imunitas-tubuh?page=all.
  2. Noya ABI. Berbagai Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit. [Homepage on The Internet]. cited March 7st 2020.

            Available on : https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit.