(Klaten) – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 merupakan momentum pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa; masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

Dalam rangka menyemarakkan peringatan HKN ini, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro menyapa pasien, keluarga pasien, dan pengunjung rumah sakit untuk sosialisasi terkait peringatan HKN dan Germas pada Senin, 12 November 2018 di Poliklinik Rawat Jalan. Selain itu juga disampaikan pula mengenai informasi pemindahan Instalasi Rawat Jalan / Poliklinik ke gedung yang baru beserta alur pelayanannya.

Di tahun ini tema HKN yaitu Aku Cinta Sehat dengan Subtema Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita. Sahabat sehat, gaya hidup sehat dimulai dari diri sendiri. Diharapkan melalui momentum HKN ini juga, masyarakat lebih bersemangat untuk melakukan Germas dalam kehidupan sehari-hari. Germas merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Setidaknya terdapat 7 (tujuh) langkah penting dalam rangka menjalankan Germas. Ketujuh langkah tersebut merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang beresiko dialami oleh masyarakat Indonesia. Tujuh langkah Germas yang dapat menjadi panduan menjalani pola hidup yang lebih sehat tersebut antara lain : melakukan aktivitas fisik, budaya konsumsi buah dan sayur, tidak merokok dan tidak konsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban. Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita.