Klaten – Minggu pertama bulan Agustus menjadi peringatan pentingnya Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif. World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) meluncurkan Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week) yang berlangsung setiap tanggal 1-7 Agustus. Peringatan ini bertujuan untuk mendorong pemberian ASI, memberikan informasi mengenai ASI, serta manfaatnya agar anak tumbuh sebagai generasi yang sehat dan cerdas.

Sobat sehat pastinya sudah sangat paham bahwa ASI sangat bermanfaat dan penting bagi si buah hati. Pemberian ASI saja selama 6 bulan pertama kehidupan bayi tanpa diberikan makanan tambahan lainnya, atau yang kita kenal dengan ASI ekslusif bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat umum. Pemerintah telah menggalakkan berbagai program edukasi untuk memperkenalkan ASI eksklusif lewat berbagai media. Tetapi pada kenyataannya, masih banyak ibu yang tidak melakukannya, entah karena tidak mengetahui pengertian ASI eksklusif itu sendiri, atau tetap memilih memberikan susu formula karena berbagai mitos yang salah. Padahal pemberian ASI eksklusif sangat penting karena memiliki berbagai manfaat bagi bayi dan ibu.

Memperingati Pekan ASI Sedunia Tahun 2019 ini, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) melalui Tim PKRS Humas membuka stand kesehatan dan kampanye “Ayo Dukung Ibu Sukses Menyusui” di Car Free Day (CFD) Klaten pada Minggu, 25 Agustus 2019 dari pukul 06.00 – 09.00 WIB. Pelaksanaan kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai aksi untuk mengajak semua pihak berperan serta dalam mendukung ibu sukses menyusui.

Selain kampanye, pelayanan kesehatan gratis juga berikan kepada masyarakat, seperti pemeriksaan tekanan darah dan IMT, cek kadar gula darah sewaktu dan golongan darah, serta konsultasi kesehatan oleh dokter dan ahli gizi.