Atasi Stres Selama Wabah COVID-19

Tim PKRS RSST – Wajar apabila kita merasa sedih, stres, bingung, takut atau marah ketika terjadi krisis. Khususnya seperti sekarang ini, Indonesia sedang menghadapi pandemik COVID-19. Pasien yang dinyatakan positif Corona semakin bertambah dari hari ke hari. Tetapi kita diminta untuk tetap waspada, tidak panik dan tidak takut.

Berbicara dengan orang yang lebih dipercaya dapat membantu dalam keadaan ini. Bisa teman maupun dengan keluarga dekat.

Apabila harus tetap tinggal di rumah, jaga gaya hidup sehat termasuk pola makan, tidur, olahraga yang baik, dan hubungan sosial dengan orang-orang terkasih di rumah dan melalui komunikasi elektronik dengan anggota keluarga dan teman-teman di luar.

Hindari rokok, minuman beralkohol atau menggunakan obat-obatan lain untuk mengatasi perasaan tersebut. Apabila merasa tidak sanggup, segera menghubungi tenaga kesehatan atau konselor. Buatlah rencana, petugas mana yang dituju dan bagaimana cara mencari pertolongan kesehatan fisik dan jiwa jika diperlukan.

Dapatkan fakta yang tepat. Cari informasi yang akan membantu menentukan secara akurat risiko yang dihadapi sehingga kita dapat melakukan pencegahan yang sesuai. Cari sumber yang dapat dipercaya seperti situs web WHO atau Dinas Kesehatan setempat atau Kemenkes.

Kita dan keluarga dapat mengurangi rasa takut dan resah dengan cara mengurangi menonton atau mendengarkan laporan media yang tidak menyenangkan.

Kita dapat menggunakan cara-cara yang telah membantu menangani kesulitan-kesulitan hidup sebelumnya dan gunakan cara-cara tersebut untuk membantu mengelola emosi dalam situasi sulit menghadapi kejadian wabah pada saat ini.

Mari bersama-sama kita lawan Corona. (Hn)

 

 

Referensi :

  1. World Health Organization
  2. https://dkp2kb.tanjungpinangkota.go.id/index.php/11-berita/100-mengatasi-stress-selama-wabah-covid-19-menurut-who