Tim PKRS RSST – Hampir 3 (tiga) pekan ini pemerintah mengumumkan kasus positif Virus Corona, masyarakat pada khususnya berbondong-bondong ke toko untuk membeli cairan antiseptik pembersih tangan. Cairan antiseptik menjadi barang yang paling dicari pada saat sekarang ini sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Virus Corona dengan membersihkan secara teratur memakai cairan antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer). Keadaan ini membuat harga cairan antiseptik pembersih tangan naik drastis. Jika pun disediakan dengan harga murah, cairan tersebut langsung habis dalam sekejap.

Pembersih tangan atau hand sanitizer digunakan ketika hendak makan, namun hanya ketika tidak ada air untuk mencuci tangan. Oleh karena itu, dalam kondisi mewabahnya COVID-19 mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir sudah cukup, apabila tidak ada baru menggunakan cairan antiseptik / cairan pembersih tangan atau hand sanitizer.

Apa yang harus saya dilakukan jika cairan antiseptik tidak lagi tersedia di toko?

Janganlah khawatir. Mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dengan menggunakan sabun juga efektif untuk mencegah COVID-19, jangan lupa untuk membersihkan di sela-sela jari, belakang tangan, dan juga kuku-kuku jari.

Lantas bagaimana cara mencuci tangan dengan benar agar dapat mengurangi penyebaran COVID-19,  bahaya infeksi, maupun penyakit yang lain. Di bawah ini langkah-langkah mencuci tangan di bawah air mengalir :

  1. Basahi tangan dengan air.
  2. Tuangkan sabun pembersih tangan dan ratakan dengan cara menggosok kedua telapak tangan.
  3. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan telapak tangan kanan, dan sebaliknya.
  4. Gosok kedua telapak dan sela-sela jari tangan.
  5. Jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci dan saling menggosok.
  6. Genggam ibu jari tangan kiri dengan tangan kanan, gosok berputar dan sebaliknya.
  7. Gosok dengan memutar ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya.

Mencuci tangan sangat disarankan, apalagi jika masih harus berkegiatan di luar rumah. Virus Corona dapat menempel di berbagai permukaan yang mungkin dipegang.

Akan tetapi pada saat di rumah saja, mencuci tangan juga tetap sangat disarankan. Apalagi jika kita memesan makanan dari luar, atau setelah menerima paket dan macam-macam.

Meskipun sudah mencuci tangan, kita tetap disarankan tidak memegang-megang bagian wajah, karena tindakan itu berisiko membuat terpapar Virus Corona yang mungkin menempel pada tangan. Kita juga dilarang menyentuh hidung, mulut, dan mata sebelum mencuci tangan. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01352149/cairan-antiseptik-pembersih-tangan-langka-dan-mahal-lipi-bagikan-cara-sederhana-untuk-membuatnya
  2. https://www.who.int/images/default-source/searo—images/countries/indonesia/covid19/sanitizer-bi.png?sfvrsn=cc4d52a5_0
  3. https://www.ayobandung.com/read/2020/03/20/83294/cara-mencegah-corona-sabun-lebih-efektif-daripada-hand-sanitizer
  4. https://www.bola.com/ragam/read/4218653/6-langkah-cuci-tangan-yang-benar-menurut-who-efektif-cegah-virus-corona