Tim Promkes RSST – Supaya sehat dan terhindar dari penyakit kita dianjurkan untuk aktif secara fisik. Tetapi cukupkah hanya melakukan aktivitas fisik sehari-hari seperti melakukan pekerjaan rumah bila tidak sempat berolahraga? Berikut ini adalah perbedaan antara aktifitas fisik dan olahraga yaitu :

  1. Pengertian

Aktivitas fisik merujuk kepada gerakan yang membutuhkan kontraksi otot. Setiap kegiatan sehari-hari seperti naik tangga, berkebun, membereskan rumah, berkebun, naik tangga merupakan aktivitas fisik.

Kegiatan fisik atau aktivitas jasmani didefinisikan sebagai aneka gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot kerangka dimana gerakan tersebut menghasilkan pengeluaran energi (Rusli Lutan et al, 2001). Kegiatan fisik mencakup berbagai jenis dan bentuk kegiatan meliputi aktivitas fisik pada saat melakukan pekerjaan, kegiatan olahraga, kegiatan pada saat mengisi waktu senggang dan kegiatan rutin sehari-hari.

Sementara olahraga merupakan bentuk khusus dari aktivitas fisik yang terstruktur dan  terencana dengan mengikuti aturan-aturan yang berlaku dengan tujuan tidak hanya untuk membuat tubuh jadi lebih bugar tetapi juga untuk mendapatkan prestasi. Yang termasuk dalam olahraga antara lain sepak bola, bulu tangkis, basket, berenang, dan sebagainya.

Kecenderungan makin menurunnya minat dan keinginan dan partisipasi masyarakat untuk melakukan kegiatan olahraga merupakan hal yang sangat memprihatinkan karena keadaan demikian memungkinkan dengan mudah muncul penyakit akibat kurang gerak.

  1. Intensitas

Mungkin anda mengetahui bahwa olahraga tidak setiap hari dilakukan karena memang kebanyakan bentuk atau cabang olahraga tidak ada yang setiap hari.

Lain halnya dengan aktivitas fisik, merupakan kegiatan rutin yang kebanyakan memiliki intensitas yang lebih sering dibandingkan dengan olahraga.

  1. Aktifitas fisik tidak membutuhkan area yang luas.

Aktivitas fisik tidak memerlukan area yang luas. Misalnya jogging, aktivitas fisik ini tidak membutuhkan area yang begitu luas sebab dilakukan oleh beberapa orang saja.

Sementara olahraga cenderung pada aktivitas yang luas dan dilakukan oleh orang yang lebih banyak dibandingkan dengan ketika melakukan aktivitas fisik. Misalnya sepak bola membutuhkan lapangan yang luas.

  1. Aktivitas fisik adalah latihan fisik olahraga.

Perbedaan berikutnya yang mungkin anda sudah mengetahui yaitu aktivitas fisik terkadang dijadikan sebagai program latihan fisik pada cabang olahraga tertentu. Tujuannya adalah untuk melatih beberapa elemen yang memang dibutuhkan untuk membuat seorang atlet memiliki kondisi fisik yang prima.

Aktivitas fisik yang umum dilakukan dalam menunjang olahraga tersebut seperti jogging, pemanasan atau peregangan dan sebagainya. Dengan tujuan untuk melatih ketahanan Cardio-Respiratory, kekuatan otot, fleksibilitas, dan digunakan untuk membantu melatih daya tahan otot.

Aktivitas fisik atau olahraga yang terencana dan teratur serta dilakukan secara rutin bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran fisik bagi yang melakukannya. Dengan dimilikinya kesehatan dan kebugaran jasmani seseorang akan dapat melaksanakan tugas sehari-hari dengan tidak mengalami kelelahan yang berarti dan bila menghadapi keadaaan darurat dalam perkerjaan masih sanggup menghadapi dan mengatasinya dengan baik.

Maka sudah saat nya kita mulai membiasakan diri melakukan aktivitas fisik dan olahraga sebagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Sebaiknya dalam melakukan olahraga dilakukan pada intensitas sedang. Olahraga sangat baik untuk kesehatan dan kesegaran jasmani. Dengan begitu kita dapat bekerja dengan baik dan kesegaran jasmani seseorang akan lebih produktif. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi               :

  1. Hariadi. 2009. Aktivitas Fisik atau Olahraga yang Aman Untuk Kesehatan dan Kesegaran Jasmani. Dosen Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) FIK Unimed. Generasi Kampus Volume 2 Nomor 1. Hlm. 104-106. Website https://www.popmama.com/life/health/greg-bima/kenali-perbedaan-olahraga-dan-aktivitas-biasa-agar-bisa-lebih-positif/2.
  1. jurnal.unimed.ac.id
  2. https://olahragapedia.com/perbedaan-olahraga-dan-aktivitas-fisik
  3. https://promkes.kemkes.go.id/content/?p=8807
  4. Instagram @kesmas.id