Tim PKRS RSST – Mari kita memahami beberapa istilah dalam penanganan COVID-19 yang mengalami perubahan dan istilah baru.

Perubahan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Sebelumnya telah kita ketahui istilah dalam penanganan COVID-19 ada 3 yaitu Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), terkonfrimasi COVID-19 (bergejala maupun tidak bergejala), dan kasus probable. Istilah-istilah itu untuk kepentingan penanganan, untuk petugas, baik gugus tugas atau tenaga kesehatan yang lain, yaitu :

1.   Kontak Erat Menggantikan Istilah Orang Dalam Pengawasan (ODP)

Adalah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi COVID-19. Riwayat yang dimaksud yaitu :

  • Kontak tatap muka;
  • Sentuhan fisik; dan
  • Orang yang memberikan perawatan langsung tanpa menggunakan APD.

2.   Kasus Suspek Menggantikan Istilah Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

Adalah seseorang yang memiliki salah satu dari kriteria berikut :

  • Orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara / wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal.
  • Orang dengan salah satu gejala / tanda ISPA dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi / probable COVID-19.
  • Orang dengan ISPA berat / pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

3.   Kasus Konfirmasi Menggantikan Istilah Orang Tanpa Gejala (OTG)

Adalah seseorang yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona yang dibuktikan dengan pemeriksaan laboratorium real time. Kasus konfirmasi dibagi menjadi 2 :

  • Kasus konfirmasi dengan gejala (simptomatik).
  • Kasus konfirmasi tanpa gejala (asimptomatik).

4.   Kasus Probable

Adalah kasus suspek dengan ISPA berat / meninggal dengan gambaran klinis yang meyakinkan COVID-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium real time PCR. (Tn)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://corona.jakarta.go.id/storage/infographic/pdf/perubahan-istilah-covid-19-5f205d0d58017.pdf.
  2. https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/perubahan-istilah-kasus-covid-19.
  3. https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/15/200600265/infografik-mengenal-perubahan-istilah-otg-odp-dan-pdp-pada-penanganan-covid.