Aman Saat Olahraga di Era New Normal

Tim PKRS RSST – Kegiatan olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi COVID-19 seperti ini. Juru bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan kegiatan olahraga di luar rumah. Berdasarkan pada himbauan Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa masyarakat karena pasca olahraga tubuh kita membutuhkan waktu untuk kembali normal atau fit. Proses ini membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan jika kita berolahraga ringan, dan hal ini akan membuat kita lebih berisiko  terinfeksi. Tujuan olahraga untuk menyehatkan tubuh, akan tetapi saat kita memutuskan untuk melakukan olahraga tertentu maka pertama pastikan unsur keamanan. Keamanan yang dimaksud adalah aman dari COVID-19. Jika kita berolahraga di luar rumah tidak aman karena banyak kerumunan orang atau wilayah kita sedang merebak wabah penyakit, maka sebaiknya tetap berolahraga di rumah saja. Banyak pilihan yang dapat kita lakukan saat olahraga di rumah, misal dengan gerakan tanpa alat atau memanfaatkan barang yang ada di sekitar rumah. Jika kita ingin berolahraga sambil melepas penat di luar rumah, ingat kembali unsur kemanan tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan saat berolahraga di luar rumah :

  1. Karena penularan virus ini melalui droplet maka pastikan jarak aman dengan orang lain saat olahraga dengan tidak menggunakan masker.
  2. Olahraga tidak boleh dijadikan alasan untuk berkumpul dengan teman atau kerabat tanpa melaksanakan disiplin ketat dalam protokol kesehatan.
  3. Apabila tempat berolahraga yang kita tuju ramai maka sebaiknya pertimbangkan kembali untuk berolahraga di tempat yang lain. Apalagi jika tempat tersebut justru membuat kita tidak bisa menjaga jarak aman.
  4. Janganlah pulang membawa penyakit karena tujuan kita keluar adalah untuk sehat.
  5. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik sebelum dan sesudah melakukan kegiatan olahraga.
  6. Seluruh peralatan olahraga didisinfektan sebelum dan sesudah olahraga.
  7. Sebaiknya segera mandi dan berganti pakaian setelah melakukan olahraga.
  8. Berdasarkan penelitian kita harus menjaga jarak dengan orang lain 3 – 4 meter ketika berlari, 10 – 20 meter ketika bersepeda.
  9. Patuhi himbauan Pemerintah melalui Surat Edaran Menpora dengan nomor 6.11.1/Menpora/VI/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan dalam Mendukung Keberlangsungan Pemulihan Kegiatan Melalui Adaptasi Perubahan Pola Hidup dalam Tatanan Normal Baru. Yang disebutkan tersebut adalah salah satu bentuk adaptasi kebiasaan baru berolahraga dengan aman dari COVID-19. Meskipun belum terbiasa dengan aturan baru ini tetapi kita akan bisa karena terbiasa, maka selalu mengingatkan diri kita untuk melakukan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan saat berolahraga juga diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Protokol kesehatan ini disesuaikan dengan tingkat risiko olahraga dan jumlah individu, yaitu :

  1. Risiko rendah terpapar COVID-19, apabila kegiatan olahraga yang dilakukan di rumah, dilakukan sendiri atau dengan anggota keluarga, menggunakan peralatan sendiri.
  2. Risiko sedang terpapar COVID-19, apabila kegiatan olahraga di tempat umum yang dilakukan sendiri, olahraga di tempat umum dengan keluarga (kurang dari 5 orang), menggunakan peralatan sendiri.
  3. Risiko tinggi terpapar COVID-19, apabila kegiatan olahraga di tempat umum dan berkelompok, olahraga di tempat umum bersama orang lain yang bukan keluarga, menggunakan peralatan bergantian.

Adanya penyakit komorbid seperti diabetes, hipertensi, gangguan paru dan gangguan ginjal, kondisi immunocompromised / penyakit autoimun dan kehamilan agar menjadi pertimbangan dalam melakukan kegiatan keolahragaan.

Jadi selalu ingat dan lakukan protokol kesehatan dimanapun kita berada terutama saat di luar rumah, untuk mencegah penyebaran Virus Corona. (Lt)

 

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://www.kompas.com/sports/read/2020/06/12/06400048/kemenpora-resmi-terbitkan-protokol-kesehatan-olahraga-nasional-pada-era?page=all.
  2. https://news.detik.com/berita/d-5060821/protokol-kesehatan-saat-olahraga-hindari-kontak-fisik-gunakan-masker.
  3. https://www.youtube.com/watch?v=h2jwiIeoUj8/protokol-kesehatan-olahraga-di tengah-Pandemi-Metro TV News.