Posted by Sub Bagian Hukormas at Februari 18, 2019 8:19 am Informasi Kesehatan, Informasi Rumah Sakit

Klaten – Dalam rangka Dies Natalies ke-73 FK-KMK UGM, HUT ke-7 RS Akademik UGM, HUT  ke- 37 RSUP dr. Sardjito, dan HUT Ke-91 RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten diselenggarakan beraneka ragam kegiatan yang salah satunya adalah Kompetisi Sepak Bola yang bertajuk AHS (Academic Health System) Cup II yang diselenggarakan pada tanggal 16-17 Februari 2019 di Stadion Trikoyo Klaten. Dalam laga ini diikuti oleh 7 kesebelasan, antara lain dari RS Akademik UGM Yogyakarta, RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, RSPAU dr. Hardjolukito Yogyakarta, Fakultas Kedokteran – KMK UGM Yogyakarta, RSUD Sleman, RSUD Banyumas, dan pastinya dari RSST Klaten sebagai penyelenggara sekaligus tuan rumah, juga menurunkan kesebelasannya untuk ikut bertanding dalam laga ini.

Acara dimulai pada hari Sabtu, 16 Februari 2019 yang sebelumnya diawali dengan ceremonial pembukaan yang dipimpin oleh Direktur Umum, SDM, dan Pendidikan RSST Klaten, Drs. Amrizal Marzuki, Apt., M.Kes., MARS. Dalam pidato pembukaannya, beliau menyampaikan bahwasanya kegiatan kompetisi Sepak bola merupakan salah satu kegiatan positif untuk mempererat tali silaturahmi antar rumah sakit yang tergabung dalam AHS. Setelah sambutan dari Direktur Umum, SDM, dan Pendidikan, diteruskan sambutan oleh Ketua Panitia AHS CUP II, Kemaludin SKM MPH dan sambutan dari dr. Yodi Mahendradata selaku perwakilan dari panitia Dies Natalies ke-73 FK-KMK UGM, HUT ke-7 RS Akademik UGM, HUT  ke- 37 RSUP dr. Sardjito, dan HUT Ke-91 RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro.

Di hari pertama laga dimulai dengan pertandingan sengit antara Kesebelasan Fakultas Kedokteran KMK UGM melawan Kesebelasan RSPAU dr. Hardjolukito yang dimana dimenangkan oleh kesebelasan RSPAU dr. Hardjolukito dengan skor 1 – 4. Di pertandingan yang kedua, mempertemukan kesebelasan RSST FC melawan kesebelasan RSA UGM. Saling serang dan adu strategi terjadi di laga antara RSST FC melawan kesebelasan RSA UGM sampai peluit tanda berakhirnya babak ke dua dibunyikan dan skor masih 0 – 0. Untuk mencari pemenang antara RSST FC dan RSA UGM  maka diadakanlah adu pinalti yang berakhir dengan skor 5 – 3 untuk kemenangan kesebelasan RSA UGM. Di laga yang ke tiga, mempertemukan antara kesebelasan RSUD Sleman melawan RSUD Banyumas  yang berakhir dengan skor 3 – 1. Pada laga di hari pertama, kesebelasan RSUP dr. Sardjito mendapatkan bye dikarenakan rencananya akan bertanding melawan RSUD Wates tetapi kesebelasan dari RSUD Wates batal mengikuti kompetisi ini.

Di hari kedua di laga semi final, pertandingan pertama mempertemukan antara kesebelasan RSPAU dr. Hardjolukito melawan RSA UGM yang dimana dimenangkan oleh RSPAU dr. Hardjolukito dengan skor 2 – 0, di laga semifinal yang kedua mempertemukan kesebelasan RSUD Banyumas melawan kesebelasan RSUP dr. Sardjito yang dimenangkan oleh kesebelasan RSUD Banyumas dengan skor 3 – 0.  Dilaga selanjutnya, untuk memperebutkan juara 3 dan 4, kesebelasan RSUP dr. Sardjito melawan kesebelasan RSA UGM dengan skor akhir 3 – 0 yang dimenangkan oleh kesebelasan RSUP dr. Sardjito. Di laga bergengsi di kompetisi sepak bola ini, yaitu laga untuk memperebutkan juara di kejuaraan AHS Cup, kesebelasan RSPAU dr. Hardjolukito melawan juara bertahan yaitu RSUD Banyumas. Pertarungan sengit terjadi ketika kedua kesebelasan ini bertanding, jual beli serangan dan adu strategi terjadi. Dan dengan semangat membara dan pantang menyerah, akhirnya Juara bertahan yaitu kesebelasan RSUD Banyumas dapat menaklukan perlawanan dari kesebelasan RSPAU dr. Hardjolukito dengan skor akhir 3 – 1.

Kegiatan kompetisi Sepak Bola AHS Cup diakhiri dengan pengalungan medali kepada para juara yang dikalungkan oleh Ketua Panitia Kemaludin SKM MPH untuk juara III, Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr. S. Hardjolukito, Marsma TNI DR. dr. Isdwiranto I, MSc., Sp.BS (K)., Sp.KP, untuk juara II, dan juara I oleh Ketua HUT RSST ke-91 dr. Arif Handiarsa, M.sc, Sp.A. Puncak acara dari kompetisi ini adalah penyerahan piala bergilir AHS Cup yang kembali direbut oleh juara bertahan yaitu kesebelasan RSUD Banyumas. Penyerahan Piala Bergilir AHS Cup diserahkan oleh ketua HUT RSST ke-91 dr. Arif Handiarsa, M.Sc, Sp.A mewakili panitia pusat Dies Natalis ke-73 FKKMK UGM  kepada Kapten Kesebelasan RSUD Banyumas yang diiringi riuh yel-yel kemenangan oleh anggota kesebelasan RSUD Banyumas beserta official dan suporternya bersahutan dengan lagu We Are The Champion. (wpam)