World Heart Day : My Heart, Your Heart – Jantungku, Jantungmu

Penyakit jantung atau dalam istilah medis disebut Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan.

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab utama kematian. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2012 menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Artinya, angka tersebut mencapai 31 persen dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia.

Survey Sample Registration System (SRS) pada 2014 menunjukkan PJK di Indonesia menjadi penyebab kematian tertinggi pada semua umur setelah stroke. Jumlahnya mencapai 12,9 persen. Data Riskedas tahun 2013 juga menunjukkan prevalensi tertinggi untuk penyakit kardiovaskular di Indonesia adalah PJK, sebesar 1,5 persen. Jika dilihat berdasarkan kelompok umur, PJK paling banyak terjadi pada kelompok umur 65-74 tahun (3,6 persen) diikuti kelompok umur 75 tahun ke atas (3,2 persen), kelompok umur 55-64 tahun (2,1 persen) dan kelompok umur 35-44 tahun (1,33 persen).

Hari Jantung Sedunia – World Heart Day (WHD) diperingati setiap tanggal 29 September setiap tahunnya. Dan di tahun 2018 ini mengusung tema My Heart, Your Heart. WHD diperingati sebagai dasar untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit kardiovaskular serta membantu melawan dan menurunkan beban penyakit secara global. Bermula dari komitmen pemimpin-pemimpin dunia untuk menurunkan kematian global dari penyakit tidak menular sebesar 25% pada tahun 2025, termasuk di dalamnya penyakit kardiovaskular.

Tema Live Talkshow Program Dokter Menyapa di ADiTV Yogyakarta pada Senin, 17 September 2018 juga membahas seputar kesehatan jantung dan pelayanan kesehatan jantung di RSST dengan narasumber dr. Hari Yusti Laksono, Sp.JP.

Antusiasme masyarakat pun sangat luar biasa, terbukti dari banyaknya masyarakat yang mengajukan pertanyaan kepada dokter narasumber melalui saluran telepon ke program Dokter Menyapa.

Talkshow Dokter Menyapa merupakan salah satu program Unit PKRS, Instalasi Pemasaran dan Humas dalam rangka memberikan informasi kesehatan dan pelayanan kesehatan yang ada di RSST yang dilaksanakan setiap 2 (dua) bulan sekali.