World Heart Day : Yuk, bersama-sama jaga kesehatan jantung kita sejak dini

Klaten – Jantung merupakan organ vital dalam tubuh kita. Jantung memompa darah ke seluruh anggota tubuh lainnya sehingga tubuh dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Di lingkungan sekitar kita, masih banyak yang mengabaikan kesehatan jantung ini. Apalagi untuk kalangan yang sibuk dengan kegiatan hariannya. Berpola hidup sehat bukan lagi menjadi prioritas utamanya.

Banyak sekali jenis penyakit yang menyerang kesehatan jantung. Bagaimanapun kondisinya, gangguan kesehatan pada jantung berdampak atau menyebabkan sistem kerja jantung mulai bermasalah dan irama kerja jantung mulai tidak teratur, suplai oksigen dan darah yang diterima untuk tubuh menjadi kacau.

Sahabat sehat, yuk jaga kesehatan jantung kita karena penyakit jantung sebenarnya dapat dicegah sejak dini dengan melakukan pola hidup dan makanan yang sehat. Kita dapat kontrol konsumsi makanan harian kita seperti konsumsi lemak, karbohidrat, dan protein yang seimbang. Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh juga merupakan hal yang wajib kita lakukan. Sisihkan waktu 10-15 menit setiap harinya untuk melakukan olah raga. Sebelum olah raga selalu usahakan untuk melakukan gerakan pemanasan ringan.

Sahabat sehat, seperti yang kita ketahui bahwa World Heart Day / Hari Jantung Sedunia diperingati setiap 29 September setiap bulannya. Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia ini, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten kembali membuka stand kesehatan di car free day Kabupaten Klaten pada Minggu, 30 September 2018 pukul 06.00 – 09.00 WIB di Jl. Pemuda Depan Kantor Disperindagkop Kab. Klaten. Masyarakat pengunjung car free day dapat melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter spesialis jantung, konsultasi dengan ahli gizi, pemeriksaan kesehatan (cek kadar gula darah, tekanan darah, dan golongan darah), mengikuti sosialisasi bantuan hidup dasar dengan tim code blue, dan lain sebagainya.

Sahabat sehat, acara ini dibuka gratis untuk seluruh masyarakat pengunjung di car free day. Antusiasme masyarakat yang berkunjung ke stand pun juga luar biasa. Yuk, bersama-sama jaga kesehatan jantung kita sejak dini.