World AIDS Day

Klaten – Sahabat sehat, seperti yang kita ketahui bahwa di setiap tanggal 1 Desember kita memperingati Hari AIDS Sedunia atau World AIDS Day.

Tidak dapat dipungkiri saat ini, bahwa sebaran penyakit HIV / AIDS atau orang penderita HIV / AIDS (ODHA) hampir merata di setiap daerah di Indonesia. Begitu juga saat ini masih banyak sekali stigma negatif yang berkembang di masyarakat terhadap ODHA. Antara lain mengenai kisah tentang ODHA yang diusir dari tempat tinggal, dipecat dari pekerjaan, diceraikan oleh pasangan, atau hal-hal buruk lainnya? Bagaimana pendapat sahabat sehat tentang perlakuan buruk tersebut? Pantas atau tidak? Jawabannya tentu tidak. Perlakuan buruk tersebut merupakan salah satu bentuk diskriminasi yang seringkali dialami oleh ODHA.

Stigma dan diskriminasi terhadap ODHA juga akan berdampak pada terbukanya penyebaran penyakit HIV / AIDS. Stigma dan diskriminasi akan mematahkan semangat seseorang untuk melakukan Voluntary Counseling and Testing (VCT) atau tes HIV / AIDS. Stigma bahkan bisa membuat orang-orang merasa enggan untuk mencari informasi dan cara perlindungan terhadap penyakit HIV / AIDS.

Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk aksi nyata atau wujud kepedulian, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) kembali ingin mengedukasi orang-orang sekitar bahwa HIV / AIDS tidak seperti yang mereka bayangkan melalui siaran kesehatan di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kab. Klaten pada Rabu, 12 Desember 2018 dengan narasumber Dra. Karni (Tim HIV/AIDS RSST).

Pada siaran kesehatan RSPD ini, disampaikan juga mengenai materi tentang Sekilas Pelayanan RSST oleh Doni Ari Wibowo, A.Md dari Instalasi Pemasaran dan Humas.

Materi disampaikan secara dialog interaktif selama kurang lebih 30 menit. Kegiatan siaran kesehatan rutin dilaksankan di RSPD Klaten setiap bulan sekali di hari Rabu minggu pertama sesuai dengan program kerja Unit Promosi Kesehatan Masyarakat (PKRS) RSST.