Waspada Penyakit Gagal Ginjal

Klaten – Sahabat sehat, tentu pernah mendengar istilah gagal ginjal ya? Gagal ginjal adalah terjadinya penurunan fungsi pada ginjal yang bersifat persisten atau menetap (Smeltzer, 2001). Penyebab dari gagal ginjal adalah Diabetes Mellitus, Hipertensi, Glomerulonefritis, Batu Ginjal, Penyakit Prostat, gaya hidup yang tidak sehat , Sepsis dan penyakit saluran kemih. Tanda dan gejala seseorang mengalami gagal ginjal antara lain yaitu : mual muntah, Stomatitis uremia (mukosa kering), Pancreatitis, Kardiovaskuler (hipertensi, pitting edema, pembesaran vena pada leher), kelainan pada kulit (kulit bersisik, gatal), kardiomegali dan asites.

Menghindari merokok dan minum minuman keras, menerapkan pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, mengkonsumsi banyak air putih, tidak menahan buang air kecil, menghindari mengkonsumsi obat- obatan tanpa saran dari dokter, merupakan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit gagal ginjal.

Selain itu usaha preventif yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan cek kesehatan secara berkala di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Tidak hanya itu sahabat sehat juga dapat meningkatkan pengetahuan, menambah wawasannya seputar informasi kesehatan tentang penyakit gagal ginjal dengan mengikuti kegiatan-kegiatan penyuluhan kesehatan.

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten selalu mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan ini di ruang-ruang tunggu rumah sakit, hal ini juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan pasien, keluarga pasien dan pengunjung rumah sakit.

Yuk, berpola hidup sehat….