Vertigo

E. Eva Zunnira Luqmawati, S. Kep. Ns – Apa itu Vertigo? Vertigo adalah perasaan (persepsi) tubuh atau lingkungan sekitar seperti berputar, akibat gangguan kesetimbangan atau penyakit.

Penyebab Vertigo :

  • Penyakit sistem kesetimbangan
  • Penyakit susunan syaraf pusat (hipoksia serebri, infeksi, trauma, tumor,migren, epilepsi)
  • Kelainan sistem vestibuler (trauma, pendarahan, tumor, pengapuran multikopleus, infeksi telinga)
  • Kelainan hormon
  • Kelainan kejiwaan
  • Kelainan mata
  • Keracunan

Apa Gejala Vertigo?

  • Pusing berputar
  • Kepala terasa ringan
  • Rasa terapung, terayun
  • Sempoyongan
  • Mual atau muntah
  • Keringat dingin
  • Pucat

Jenis Vertigo :

Vertigo Paroksismal

Mendadak, beberapa menit/hari, hilang sempurna, suatu saat dapat muncul lagi.

  1. Disertai keluhan telinga
  2. Tanpa keluhan telinga
  3. Dipengaruhi perubahan posisi

Vertigo Kronis

Menetap, keluhan konstan, tanpa serangan akut.

  • Disertai keluhan telinga
  • Tanpa keluhan telinga
  • Dipengaruhi perubahan posisi

Vertigo serangan mendadak/akut, berangsur berkurang

  • Disertai keluhan telinga
  • Tanpa keluhan telinga

Perawatan Vertigo

  1. Tarik nafas dalam, pejamkan mata dan segera mencari posisi untuk berbaring atau duduk.
  2. Jika merasa mual dan ingin muntah segeralah mencari bantuan orang di dekat anda untuk membantu ke toilet.
  3. Ketika berbaring, pertahankan posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang atau hilang.
  4. Buka mata perlahan lalu coba miringkan badan atau gerakkan kepala perlahan. Jika dengan tindakan ini serangan vertigo ternyata datang kembali, maka segera pejamkan mata atau kembali ke posisi semula.
  5. Jika terjadi nyeri, lakukan relaksasi nafas dalam dan kompres air hangat.
  6. Jika keluhan belum berkurang atau keluhan berlanjut, segeralah berkonsultasi ke dokter umum atau dokter spesialis syaraf.

Bagaimana Mencegah Vertigo?

  1. Tidur dengan kepala sedikit lebih tinggi pada dua atau lebih bantal.
  2. Di pagi hari, bangun perlahan dan duduk di tepi tempat tidur selama satu menit sebelum berdiri.
  3. Hindari membungkuk untuk mengambil barang.
  4. Hindari memperpanjang leher anda, misalnya untuk menggapai barang di tempat yang tinggi.
  5. Menggerakkan kepala dengan lembut dan perlahan.
  6. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol.
  7. Istirahat yang cukup.