Thalassemia dan Komunitas POPTI Cabang Klaten

Thalassemia atau Anemia Cooley adalah suatu gangguan darah yang diturunkan, ditandai oleh defisiensi produksi rantai globin pada hemoglobin. Thalassemia adalah penyakit genetik yang paling banyak di dunia. Penderita Thalassemia paling banyak berada di daerah sabuk Thalassemia, suatu peta imajiner yang meliputi daerah Mediterania, Timur Tengah, Asia Selatan, China, Asia Tenggara termasuk Indonesia, sampai kepulauan Pasifik di sebelah Timur Papua.

Eritrosit atau sel darah merah pada manusia berwarna merah karena ada hemoglobin, serupa dengan daun hijau karena ada klorofil. Hemoglobin terdiri atas heme dan globin. Heme terdiri atas zat besi dan purin, globin terdiri atas 4 macam rantai globin. Yang terganggu pada Thalassemia adalah pembentukan globin. Karena pembentukan globin tidak sempurna, maka pembentukan hemoglobin tidak baik. Karena kualitas hemoglobin tidak baik, eritrosit mudah pecah. Umur eritrosit yang seharusnya berumur 120 hari, menjadi lebih pendek, tergantung berat ringan penyakitnya. Artinya, ketika seseorang memiliki Thalassemia, salah satu komponen penting dalam hemoglobinnya telah hilang atau rusak.

Thalassemia dapat dicegah dengan menghindari perkawinan antara dua orang pembawa sifat Thalassemia. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya penyadaran dan pemahaman masyarakat tentang Thalassemia.

Setiap fasilitas pelayanan kesehatan, seperti Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan sosialisasi, penyuluhan kesehatan, atau diskusi ilmiah tentang pencegahan Thalassemia serta melakukan deteksi dini atau skrining Thalassemia pada ring 1 (satu) sesuai ketentuan.

Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI) Cabang Klaten merupakan komunitas dari orang tua yang putra / putrinya menderita Thalassemia, khususnya di Wilayah Klaten. RSST bekerja sama dengan Komunitas POPTI Cabang Klaten sejak tahun 2016. Tujuan dari komunitas POPTI Cabang Klaten ini untuk meringankan beban orang tua penderita, media komunikasi sesama orang tua penderita, dan mengurangi meningkatnya penderita Thalassemia.

Dan sebagai salah satu upaya edukasi kepada masyarakat umum, khususnya terkait Thalassemia dan Komunitas POPTI Cabang Klaten, Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST) menyampaikan materi seputar Thalassemia, komunitas POPTI, tanda dan gejala serta pembiayaan Thalassemia pada program Talkshow Komunitas di Radio Candi Sewu Klaten pada Sabtu, 29 Juni 2019 pukul 17.00 – 18.00 WIB dengan narasumber dr. Hendra Purnasidha B., M.Sc, Sp.A dan Joko Wiyono (Ka. POPTI Cab. Klaten).

Perwakilan dari Instalasi Pemasaran dan Humas, Doni Ari Wibowo, AMd juga menyampaikan mengenai bagaimana Pelayanan One Day Care Thalassemia Anak di RSST. Kegiatan berlangsung selama 60 menit dengan metode dialog interaktif. Banyak pendengar radio yang aktif dan mengajukan pertanyaan seputar materi kepada narasumber melalui line telephone, WA, dan juga SMS.