Temu Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) Tingkat I dan II Wilayah Klaten

Klaten – Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Sebagai unit pelaksana teknis operasional Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota (UPTD), Puskesmas berperan menyelenggarakan sebagian dari tugas teknis operasional Dinas Kesehatan Kabupaten serta merupakan unit pelaksana tingkat pertama serta ujung tombak pembangunan kesehatan di Indonesia.

Sama halnya dengan Puskesmas, Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan memiliki hak dan kewajiban yang perlu diketahui oleh semua pihak. Hak dan kewajiban tersebut digunakan untuk memberikan prosedur-prosedur bagi layanan kesehatan dalam melakukan tugas dan fungsinya, salah satunya Rumah Sakit dan Puskesmas dapat mengembangkan hubungan kerja sama lintas program dan sektoral dalam rangka mendukung semua pelayanan kesehatan.

Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang ditandai dengan kondisi sel darah merah mudah rusak atau umurnya lebih pendek dari sel darah normal. Seseorang yang mengalami Thalassemia perlu melakukan transfusi darah, mengontrol kelebihan kelasi besi, suplementasi folat, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien Thalassemia  dengan rawat inap dan pada saat ini beralih ke ODC Thalassemia. Apa itu ODC Thalassemia? ODC Thalassemia atau One Day Care Thalassemia bertujuan untuk mempermudah pelayananan khususnya bagi pasien Thalassemia dengan rawat jalan.

Dalam rangka sosialisasi terkait ODC Thalassemia tersebut, RSST kembali melaksanakan agenda rutin temu Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) Tingkat I dan II Wilayah Klaten pada Rabu, 31 Oktober 2018 pukul 09.00 WIB di Gedung Pertemuan / Aula Diklat Lantai 3 yang dibuka oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Juli Purnomo, Sp.P.

Bentuk kegiatan pada Temu PPK I dan II ini berupa pemaparan dan sosialisasi pelayanan ODC Thalassemia, selanjutnya mengenai pelayanan tumbuh kembang anak yang ada di RSST, dan malnutrisi. Selain itu juga pemaparan mengenai sekilas sistem rujukan pasien di RSST. Sebagai narasumber masing-masing antara lain yaitu dr. Hendra Purnasidha Bagaswoto, M.Sc, Sp.A; dr. Desi Fajar Susanti, M.Sc, Sp.A; dr. Phitra Sekar Dwianggra, Sp.GK; dan dr. Suharyanto, MPH. Sebagai moderator yaitu dr. Samad, Sp.A.

Kegiatan ini mengundang seluruh klinik, puskesmas, dan rumah sakit di fasilitas kesehatan tingkat I dan II di wilayah Kabupaten/Kota Klaten dan sekitarnya. Kegiatan berjalan lancar dan antusiasme peserta sangat baik. Ada sesi diskusi tanya jawab dengan seluruh narasumber di akhir acara. Kegiatan Temu PPK I dan II ini merupakan program rutin Unit PKRS yang terjadwal setiap triwulan sekali dengan tema dan narasumber yang berbeda.