Sudah Bijakkah Dalam Menggunakan Air?

Minarni, A.Md.KL – Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting, karena setiap makhluk hidup di dunia membutuhkan air, terlebih manusia. Manusia bukan hanya membutuhkan air sebagai air minum, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti mandi, mencuci, memasak dan kebutuhan lainnya. Meskipun air dikategorikan sebagai sumber daya alam yang terbarukan, namun untuk air bersih ternyata merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui.

Keberadaan air bersih yang terus menyusut tiap tahunnya membuat kita harus waspada akan persediaannya, maka kita perlu menjaga persediaan air bersih dengan baik. Ada beberapa penyebab kuantitas air bersih menurun yaitu penggunaan air secara berlebihan, penggunaan yang tidak tepat sasaran, perusakan daerah resapan air, belum adanya konsistensi dan komitmen yang tinggi dari usaha-usaha konservasi air, walaupun dengan cara-cara yang sederhana. Sebaiknya kita perlu melakukan penghematan air bersih dengan menggunakannya  secara bijak.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk penghematan air bersih, antara lain :

  1. Gunakan air kembali

Apabila kita mencuci buah-buahan atau sayuran, sebaiknya air bekas cucian buah-buahan atau sayuran tadi ditampung diember dan dapat digunakan kembali untuk menyiram tanaman.

  1. Menggosok gigi

Pada saat menggosok gigi biasanya membuka keran air dan air keran terus mengalir meskipun sedang tidak menggunakannya karena sedang menggosok gigi. Sebaiknya saat menggosok gigi keran air dimatikan supaya air tidak terbuang dengan percuma.

  1. Keran aerator

Dengan menggunakan keran aerator dapat membatasi aliran air dari keran, sehingga dapat melakukan penghematan air.

  1. Penggunaan shower untuk mandi

Mandi dengan menggunakan shower akan menghemat air dibandingkan mandi dengan air di bak penampungan dan diambil dengan gayung.

  1. Memperbaiki kebocoran

Kita perlu melakukan pengecekan pada pipa saluran air bersih untuk mengetahui terjadinya kebocoran. Dan apabila terjadi kebocoran pada pipa saluran air bersih segera diperbaiki.

  1. Mengganti keran yang rusak

Apabila keran air rusak dan airnya mengalir terus, maka  segera ganti dengan keran yang baru supaya tidak membuang-buang air bersih.

  1. Memantau penggunaan air

Salah satu penghematan air bersih dengan melakukan pemantauan penggunaan air yaitu pada saat pengisian bak penampungan air jangan sampai air meluber supaya air tidak terbuang.

  1. Menyiram tanaman satu kali sehari

Melakukan penyiraman tanaman pada sore atau pagi hari agar air mudah meresap ke dalam akar. Penyiraman pada siang hari hanya membuat air menguap percuma.

  1. Mencuci kendaraan

Kendaraan yang kotor bisa dibersihkan dengan kain lap dan seember air.

Dan apabila kita tidak melakukan penghematan air bersih dengan menggunakannya secara bijak maka akan terjadi krisis air bersih atau air bersih menjadi langka. Akibatnya akan mempengaruhi kualitas kesehatan kita, dan rentan terjangkitnya penyakit kulit dan diare. Karena untuk  mandi, mencuci dan memasak dan kebutuhan hidup sehari-hari kekurangan air bersih.

Demikian beberapa cara untuk melakukan penghematan air bersih dengan menggunakannya secara bijak.