Sosialisasi One Day Care Thalassemia pada Komunitas POPTI / Thalassemia Cabang Klaten

Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang ditandai dengan kondisi sel darah merah mudah rusak atau umurnya lebih pendek dari sel darah normal. Seseorang yang mengalami Thalassemia perlu melakukan transfusi darah, mengontrol kelebihan kelasi besi, suplementasi folat, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten (RSST) memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien Thalassemia  dengan rawat inap dan pada saat ini beralih ke ODC Thalassemia. Apa itu ODC Thalassemia? ODC Thalassemia atau One Day Care Thalassemia bertujuan untuk mempermudah pelayananan khususnya bagi pasien Thalassemia dengan rawat jalan.

Dalam rangka sosialisasi terkait ODC Thalassemia tersebut, RSST kembali melaksanakan agenda rutin temu komunitas Thalassemia beserta keluarga pada Jumat, 19 Oktober 2018 pukul 13.00 WIB di Gedung Pertemuan / Aula Diklat Lantai 3.

Dalam kegiatan ini, Direktur Umum, SDM dan Pendidikan, Drs. Amrizal M, Apt, M.Kes, MARS dan Ka. Bidang Pelayanan Medik, dr. Kurniyanto, Sp.P memberikan sambutannya. Selanjutnya, dr. Hendra Purnasidha Bagaswoto, M.Sc, Sp.A menyampaikan informasi seputar latar belakang mengapa pelayanan ODC Thalassemia ini dibuka. Selain itu, beliau juga menyampaikan mengenai bagaimana alur pelayanan ODC Thalassemia ini.

Kegiatan yang diikuti oleh para orang tua dan pasien Thalassemia yang rutin melakukan pengobatan di RSST ini berlangsung lancar. Dengan adanya ODC Thalassemia ini, diharapkan RSST lebih optimal dalam melayani dan angka harapan hidup pasien Thalassemia meningkat.