Sosialisasi Integrasi Pendidikan Kesehatan dalam Pelayanan (IPKP)dan Soft Launching Website KOMKORDIK RSST

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten merupakan Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada. Selain itu, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten juga menjalin kerja sama mitra pendidikan dengan institusi pendidikan kesehatan lainnya. Pendidikan tenaga kesehatan yang ada di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten diantaranya adalah pendidikan PPDS I, Pendidikan Coas, Pendidikan Profesi Keperawatan, DIV Keperawatan, DIII Keperawatan, DIV/DIII Kebidanan, DIII Radiologi, DIII/DIV Analis Kesehatan, DIII Rekam Medis, DIII/DIV/S1 Profesi Fisioterapi, DIII Terapi Wicara, dan DIII/DIV Analis Kesehatan Lingkungan.

Keberadaan peserta didik yang ada di RS perlu dikelola dengan baik termasuk dalam hal ini yaitu tentang kewenangan klinis dan tingkat supervisi pada masing-masing jenjang pendidikan. Hal ini akan berpengaruh terhadap mutu dan keselamatan pasien.

Maka dari itu pada hari ini Kamis 20 September 2018, bertempat di Aula Gedung IGD lantai 3, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro melalui Bagian Pendidikan dan Pelatihan bekerja sama dengan Komite Koordinasi Pendidikan (KOMKORDIK) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Integrasi Pendidikan Kesehatan dalam Pelayanan (IPKP) bagi Institusi Pendidikan yang menjadi mitra rumah sakit.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bagaian Diklat RSST, dr. Hernawati Endriani dan dihadiri oleh 24 institusi pendidikan yang menjadi mitra rumah sakit dan beberapa pegawai internal RS yang berkaitan dengan pendidikan di rumah sakit.

Sebelum memasuki sesi materi, acara pembukaan dilanjutkan dengan Soft Launching website KOMKORDIK RSST yang dipaparkan oleh KOMKORDIK bekerja sama dengan Instalasi SIRS RSST. Website KOMKORDIK dengan alamat komkordik.rsupsoeradji.id ini dibuat dengan tujuan agar peserta didik dapat melakukan pendaftaran untuk Praktek Kerja Lapangan melalui website sehingga ketika peserta didik datang, semua berkas yang diperlukan telah siap dan sudah diverifikasi oleh KOMKORDIK RSST. Selain itu masih banyak kemudahan dan informasi lain yang dapat diakses oleh institusi pendidikan atau peserta didik yang terus dikembangkan, seperti informasi pelatihan, pengurusan perijinan penelitian dan lain-lain.