Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran IRNA Dahlia Lantai 4

Kebakaran terjadi pagi ini, di gedung rawat inap (IRNA) Dahlia Lantai 4 RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Kebakaran ini disebabkan oleh adanya konsleting listrik pada AC di salah satu ruang rawat inap sehingga sempat menimbulkan kepanikan pasien dan keluarga. Demikian tadi skenario Simulasi Penanggulangan Bencana di Gedung IRNA Dahlia yang diselenggarakan Tim K3 bekerja sama dengan Bagian Pendidikan dan Pelatihan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten hari ini, Selasa 28 Agustus 2018. Kegiatan ini diawali dengan briefing yang dibuka langsung oleh Direktur Utama RSST, dr. Endang Widyaswati, M.Kes, dengan dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi, beberapa pejabat struktural dan seluruh peserta simulasi kebakaran. Tim K3 sebelumnya sudah menyiapkan skenario simulasi tersebut serta pembagian tugas bagi para peserta yang terdiri dari pasien, keluarga pasien, dokter, perawat, farmasi, petugas IPSRS, petugas Sanitasi, petugas Kamtib, dan lain-lain.

Selain menyiapkan peserta simulasi, kegiatan ini juga bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Klaten yang dengan sigap  memadamkan api yang dalam skenario diceritakan semakin lama semakin membesar. Tak kalah sigap 4 orang petugas kamtib berseragam tahan api membantu evakuasi korban yang masih terperangkap di dalam gedung yang penuh api dan asap.

Melalui kegiatan simulasi ini diharapkan seluruh petugas di RSST semakin siap dan sigap dalam menghadapi kejadian kebakaran yang tidak diharapkan tersebut. Selain itu diharapkan peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat melakukan evakuasi terhadap pasien, aset, dan dokumen yang dimiliki rumah sakit jika terjadi bencana kebakaran.