Siaran Kesehatan Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten Tema Low Back Pain Bersama dr. Wisnu Baskoro, Sp.BS

Low Back Pain atau yang dikenal dengan Nyeri Punggung Bawah merupakan keluhan yang ditemukan pada 70-80 persen orang dewasa. Tidak dipungkiri keluhan Low Back Pain / Nyeri Punggung Bawah dapat menganggu aktivitas bahkan hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya. Ini karena penyakit tersebut memberikan gejala yang bervariasi, meski terkadang tidak spesifik.

Beberapa gejala yang dapat terjadi adalah sebagai berikut :

–    Nyeri otot

–    Rasa nyeri yang tajam atau seperti ditusuk.

–    Nyeri yang menjalar ke kaki.

–    Nyeri yang semakin memberat saat membungkuk, mengangkat benda, berdiri, atau berjalan.

–    Rasa nyeri mereda ketika berbaring.

Low Back Pain / Nyeri Punggung Bawah juga dapat menjadi pertanda dari adanya penyakit serius. Kecurigaan terhadap hal ini muncul apabila terdapat gejala-gejala lain, seperti :

–    Sulit menahan buang air kecil maupun buang air besar.

–    Demam

–    Tidak membaik dengan istirahat.

–    Kelemahan, kesemutan dan baal pada salah satu atau kedua kaki.

–    Memiliki riwayat mengalami osteoporosis, penggunaan steroid  dalam jangka waktu lama, dan alkohol.

–    Terjadi setelah kecelakaan atau cedera berat di punggung.

Sebenarnya banyak juga mitos seputar Low Back Pain / Nyeri Punggung Bawah yang berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah seseorang yang mengalami masalah tulang belakang, ia pasti akan dioperasi. Dan ketika seseorang diputuskan untuk menjalani operasi tulang belakang, ia akan menjadi lumpuh, dan lain sebagainya.

Beberapa hal terkait Low Back Pain / Nyeri Punggung Bawah dan mitos-mitos yang mengikutinya merupakan materi yang disampaikan dalam kegiatan siaran kesehatan di Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kab. Klaten pada Rabu, 30 Januari 2019 dengan narasumber dr. Wisnu Baskoro, Sp.BS dari KSM Bedah RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sebagai upaya promotif dan preventif kepada masyarakat umum khususnya di wilayah Klaten.

Pada siaran kesehatan RSPD ini, disampaikan juga mengenai informasi seputar Aplikasi Sehat Pedia oleh Doni Ari Wibowo, A.Md dari Instalasi Pemasaran dan Humas.

Materi disampaikan secara dialog interaktif selama kurang lebih 30 menit. Kegiatan siaran kesehatan rutin dilaksankan di RSPD Klaten setiap bulan sekali sesuai dengan program kerja Unit Promosi Kesehatan Masyarakat (PKRS) RSST.